Belanja Online via Ponsel di Indonesia Meningkat Jelang Liburan Akhir Tahun

Belanja online

Selular.ID – Perlahan, aplikasi mobile mengambil alih website di desktop dan in-store sebagai saluran belanja online pilihan di Indonesia.

Berdasarkan survei terhadap 1.009 pengguna smartphone di Indonesia, sebanyak 77% responden berencana melakukan pembelian melalui aplikasi mobile.

Dan di tahun ini 5 dari 10 responden mengungkapkan mereka baru mencoba model pembayaran digital.

Hal itu terungkap dalam laporan terbaru InMobi yang berjudul The 2022 Indonesia Holiday Shopping Guide.

Laporan ini merupakan bagian dari survei yang lebih luas, yang menyajikan wawasan mendalam mengenai kecenderungan belanja konsumen menjelang masa liburan di Indonesia, Singapura, Filipina dan Asia Tenggara, dengan mengamati anggaran belanja, preferensi, serta saluran konsumen di kawasan tersebut.

Baca Juga: Tips Aman Berbelanja Online di E-commerce

Indonesia adalah salah satu pasar mobile dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan merupakan salah satu negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi secara global.

Menjadikan belanja melalui mobile tumbuh pesat, di masa liburan.

Sebanyak 40% responden mengungkapkan adanya penurunan pendapatan rumah tangga, dan lebih dari 80% berencana untuk meningkatkan atau mempertahankan anggaran belanja mereka dibandingkan tahun lalu dalam penjualan musiman mendatang, untuk meningkatkan ke merek premium atau mengelola kenaikan inflasi.

Mengambil alih belanja desktop dan in-store, sebanyak 771 responden berencana melakukan pembelian melalui aplikasi mobile.

Laporan ini juga menyoroti pengalaman belanja dan perilaku pembelian online, konsumen Indonesia dapat dikategorisasi menjadi tiga tipe, yaitu Category Explorers (45%), Bargain Hunters (32%) dan Brand Lovers (23%).

Baca Juga: Kembali Normal, Anggaran Belanja Masyarakat Diprediksi Tembus Rp6,9 Juta di Ramadan 2022

“Dengan prevalensi dan pertumbuhan mobile shopping di Indonesia, brand dapat memprioritaskan mobile sebagai marketing channel yang matang dan efektif untuk mendekati konsumen,” ujar Rishi Bedi, Managing Director, Asia Pacific InMobi.

“Masa liburan yang selalu identik dengan penjualan, konsumen di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berbelanja melalui mobile,” imbuhnya.

“Brand dapat memanfaatkan strategi keterlibatan mobile-first secara proaktif menangkap pangsa pasar selama periode kompetitif ini, dan membantu brand menjadi yang terdepan,” ujar Rishi Bedi.

Dalam laporan InMobi terbaru, berikut poin-poin wawasan tambahan (insight) mengenai preferensi belanja konsumen untuk musim liburan di Indonesia, serta tren dan rekomendasi belanja berkaitan dengan strategi marketing mobile-first:

• Loyalitas terhadap brand semakin lancar dengan 5 dari 10 responden berencana untuk beralih ke merek yang tidak terlalu mahal dan 57% sudah mencoba brand baru sepanjang tahun.

• Barang yang paling banyak dibeli masyarakat Indonesia melalui aplikasi mobile tahun ini adalah produk skincare dan make-up, pakaian dan aksesoris, serta gadget.

• Event penjualan paling penting dan populer yang akan datang di Indonesia adalah 11.11 dan 12.12, ketika semua tipe pembelanja berencana untuk melakukan pembelian dalam fase “buy” dari perjalanan belanja mereka.

• Empat tren belanja untuk musim liburan 2022 adalah: belajar, menjelajahi, dan membeli saat bepergian (on the go); menggunakan saluran yang berbeda untuk merealisasikan kebiasaan belanja yang sama; lonjakan fenomenal dalam belanja online; dan kunjungan ke toko lebih selektif.

Di tengah lonjakan mobile shopping, di Indonesia InMobi telah bekerja sama dengan Gojek serta Telkomsel.