Tuesday, June 18, 2019
Home News E-Commerce Transaksi E-Katalog LKPP Capai Rp50,79 Triliun

Transaksi E-Katalog LKPP Capai Rp50,79 Triliun

-

IMG_20170126_192839
Jakarta, Selular.ID – Berapa nilai belanja pengadaan barang pemerintah? Berkat platform jual-beli online, angka itu kini transparan, bisa dilihat oleh semua elemen masyarakat.

Dalam peresmian masuknya e-commerce Axiqoe.com ke dalam daftar penyedia resmi e-Katalog LKPP (lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah), Sahat Sihombing, Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) menuturkan bahwa nilai belanja pengadaan barang terus tumbuh bahkan lebih dari 60 persen.

“Nilai transaksi e-Katalog LKPP tahun 2015 mencapai Rp31,12 triliun. Sementara tahun 2016 meraup Rp50,79 triliun. Tahun ini, per hari ini, sudah Rp1,4 triliun,” papar Sahat di Jakarta (26/1/2017).

Di ruang berbeda, Agus Prabowo, Kepala LKPP, menyampaikan bahwa porsi belanja pengadaan barang/jasa pemerintah saat ini berkisar 40 persen dari APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara).

“Ini merupakan peluang positif bagi penyedia untuk berpartisipasi dan terlibat dalam mendukung pembangunan,” ujar Agus.

Agus mengapresiasi Axiqoe.com yang bergabung ke dalam e-Katalog LKPP, sebuah instrumen baru dalam menciptakan keterbukaan dan persaingan bisnis yang sehat. Sebab informasi harga menjadi lebih terbuka.

Kerjasama dengan e-commerce secara Business-to-Government (B2G) dalam sistem e-katalog, lanjut Agus, mempercepat katalogisasi produk/jasa yang akan dibeli oleh pemerintah.

“Melalui e-katalog, pemerintah memangkas waktu dan biaya belanja, karena pembelian dilakukan secara langsung dan harga yang tercantum adalah harga terbaik dan sudah diverifikasi,” pungkas Agus.

Jumlah barang yang tersedia di e-Katalog LKPP mencapai 73.836 item dengan target pada akhir tahun 2020 bisa memiliki 1 juta jenis produk.

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest