E-Commerce

Bukalapak Gandeng LKPP Optimalkan Kesempatan 6.5 Juta UMKM

Bukalapak

Jakarta, Selular.ID – Lini bisnis e-procurement dari Bukalapak, Bukapengadaan, siap memenuhi setiap kebutuhan korporasi dan pemerintah melalui penyediaan pengadaan barang dan jasa elektronik yang bersaing, akuntabel, kredibel dan transparan.

Hita Supranjaya, Direktur BukaPengadaan Indonesia mengatakan, “Pandemi merupakan saat yang sulit bagi UMKM, oleh karena itu, dengan bergabungnya UMKM ke dalam integrasi bisnis BukaPengadaan UMKM mendapatkan kesempatan untuk berada di pasar yang lebih luas, menjangkau konsumen yang lebih besar dengan skala transaksi yang juga lebih besar. Hal ini berarti juga menaikkan daya saing dan kapabilitas bisnis UMKM sesuai tujuan kami.”

“Dengan semangat gotong royong bersama UMKM, transaksi BukaPengadaan naik 2x lipat di sepanjang 2020,” imbuhnya.

Di tahun 2020, BukaPengadaan juga ditunjuk sebagai mitra operator oleh LKPP yang bertujuan mendukung Program Usaha Mikro dan Usaha Kecil (UMK) Go Digital.

Baca juga :  Perluas Jaringan B2B, Blibli Gunakan Solusi Cloud SAP

Hal ini juga disampaikan oleh Setya Budi Arijanta, Sekretaris Utama LKPP yang hadir dalam diskusi virtual (19/3) yang diadakan oleh BukaPengadaan, yang mengatakan, “Program Bela Pengadaan yang menggandeng sejumlah marketplace diharapkan mampu memberikan stimulus perekonomian kepada usaha mikro dan usaha kecil melalui belanja pemerintah yang saat ini terdampak pandemi Covid-19. Keberadaan marketplace seperti BukaPengadaan dapat memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha.”

“Transaksi elektronik yang disajikan marketplace diharapkan dapat mendorong transparansi sehingga mengurangi potensi korupsi di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,” lanjutnya.

Hita menambahkan, “Saat ini solusi eProcurement masih sangat relevan, tentunya pengembangan nya sangat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan kami yang semakin luas. Inovasi yang telah kami luncurkan adalah perusahaan dapat memiliki marketplace yang dilengkapi dengan barang/jasa yang ada di Bukalapak, seperti yang sudah kami jalankan untuk Bela Pengadaan.”

Baca juga :  Terapkan Strategi O2O, JD.ID Buka 'Mini Market'

Selain itu, layanan pembiayaan juga menjadi opsi yang menarik bagi pelanggan dan vendor karena lebih cepat dapat persetujuan dan membantu permodalan di masa sulit ini.

“BukaPengadaan menyediakan layanan pembiayaan kepada mitra dengan riwayat transaksi yang baik, harapannya hal ini dapat turut mendorong kinerja positif UMKM dalam memenuhi kebutuhan pengadaan. Inovasi lainnya bisa nantikan pada akhir tahun ini,” tutup Hita.

About the author

Khoirunnisa