Sunday, June 16, 2019
Home News Enterprise AXI Sosialisasi E-Katalog dengan Kominfo, LKPP dan KPK 

AXI Sosialisasi E-Katalog dengan Kominfo, LKPP dan KPK 

-


Jakarta,Selular.ID – Hari ini Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) menginisiasi diskusi bersama lembaga kebijakan pengadaan barang atau jasa pemerintah (LKPP), Kominfo, serta komisi pemberantasan Korupsi (KPK) tentang sinergi yang tepat antar semua stakeholder.

Sahat M Sihombing, President Astragraphia Xprins Indonesia (AXI), menjelaskan, pengadaan barang atau jasa pemerintah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan pemerintah dalam upaya mereformasi penyelenggaraan pelayanan publik.

“Sejak dibentuknya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP), penyelenggaraan pengadaan barang atau asa pemerintah dilakukan secara elektronik dengan sistem e-procurement yang berlandaskan Perpres No. 54 Tahun 2010 Pasal 111,” ujar Sahat di Jakarta (28/02/18).

Lebih jauh Sahat menjelaskan,bahwa AXI bangga dapat menjadi salah satu inisiator dan mengajak semua stakeholder berdiskusi hari ini untuk membangun ekosistem pengadaan yang bersih dan akuntabel menuju sinergi untuk negeri. 

Dikatakan dia, di era serba teknologi digital ini, sinergitas untuk mewujudkan bisnis yang bersih dan transparan amat penting dan diperlukan.

“Kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Sebagai dukungan kami untuk menyeleraskan visi Sinergi untuk Negeri, AXI selalu menghadirkan produk  bagi pelanggan pemerintahan dan korporasi dengan menjalankan prinsip-prinsip keterbukaan dan akuntabilitas bisnis.” Jelas Sahat lagi.

Salah satu fondasi yang dipersiapkan AXI untuk tetap konsisten dalam penyelenggaraan pengadaan barang atau jasa yang akuntabel dan profesional ialah membawa AXIQoe.com sebagai layanan e-commerce B2B dan B2G  dengan competitive advantage. Yakni  merejuvenasi tampilan dan konten di portal AXIQoe.com.

Sejak ditampilkan, selain visualisasi portal dan menu  AXIQoe.com yang semakin lengkap , kini Service Level yang diberikan semakin competitive   yaitu jaminan purna jual yang bisa diandalkan, pemilihan produk yang berkualitas serta pengiriman yang tepat waktu dan menjangkau  514 kota dan kabupaten.

Rejuvenasi portal juga dilakukan di 2 unit bisnis AXI yaitu PrintQoe.com, sebagai online printing B2B di Indonesia untuk layanan Print on demand, maupun variable printing secara real time, serta CourierQoe.com, sebagai layanan kurir  untuk mendukung semua unit bisnis AXI.

Sementara Agus Prabowo,Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), mengatakan, ke depan mekanisme belanja pemerintah lewat e-purchasing akan terus meningkat dan sebaliknya, e-tenderingakan semakin berkurang.

“Sebelumnya, primadona pengadaan adalah tender. Sekarang kami geser bahwa pengadaan yang baik adalah yang mengadopsi mekanisme pasar sepanjang itu terbuka dan adil melaluigovernment e-marketplace,” kata Agus Prabowo.

LKPP akan mengekstensifikasi government e-marketplace melalui penguatan kelembagaan, yaitu dengan menggabungkan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) dan unit layanan pengadaan (ULP) menjadi satu lembaga.

Selain itu, tujuan dari Sinergi untuk Negeri yang di usung LKPP pada diskusi kali ini, diharapkan dapat mengakomodir visi Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Sementara pihak Kominfo RI melalui keterangan resminya menjelaskan, bahwa Indonesia menuju economic digital country terbesar di Asia Tenggara tahun 2020. Sehinga sangat mendukung pentingnya mencapai menyelaraskan pandangan dan aksi nyata dari semua pihak, terutama terkait visi Indonesia di tahun 2020.

Pemerintah terus berusaha memperkuat berbagai sektor agar bisa mewujudkan Indonesia sebagai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara

Latest