BerandaTipsMalam Tahun Baru, Tarif Uber Lebih Mahal

Malam Tahun Baru, Tarif Uber Lebih Mahal

-

Uber
Jakarta, Selular.ID – Guna memastikan semua pelanggan mendapat tumpangan saat tahun baru, Uber akan memberlakukan tarif lebih mahal pada tengah malam pergantian tahun. Tarif tersebut mulai berlaku pada tengah malam hingga pukul 3 pagi. Dengan cara itu, Uber berharap bisa memikat lebih banyak pengemudi untuk mendekat ke area tertentu.

Dikatakan Uber, malam tahun baru merupakan salah satu malam paling sibuk bagi layanannya. Guna mengantisipasi lonjakan pemesanan layanan, maka Uber mensiasatinya dengan berbagai cara, salah satunya kenaikan tarif.

Melalui keterangan resmi, tim Uber Indonesia menulis:

“Kami ingin memastikan semua orang, dimana saja bisa mendapatkan tumpangan dalam hitungan menit, hanya dengan menekan satu tombol. Di jam-jam sibuk (pada malam tahun baru biasanya berlangsung dari tengah malam hingga pukul 3 pagi) biaya perjalanan akan meningkat (mengikuti algoritma), untuk membantu pengemudi mendekat, sehingga semua orang bisa mendapatkan tumpangan. Ketika biaya lebih tinggi, Anda akan diberikan notifikasi untuk disetujui. Apabila Anda tidak berkenan, Anda bisa mencoba untuk meninjau kembali harganya beberapa waktu kemudian.”

Jangan khawatir, pengguna Uber di Jakarta dan Surabaya akan mendapatkan informasi biaya di muka. Artinya, Anda akan mengetahui total biaya perjalanan sebelum Anda memesan, sehingga Anda bisa melihat dan menyetujui biaya tersebut lebih dahulu.

Tidak ada perhitungan yang rumit, tidak ada biaya kejutan. Harga di muka telah memperhitungkan semua faktor dari perjalanan, seperti banyaknya permintaan, jarak perjalanan, dll.

Selain menetapkan tarif lebih mahal, Uber juga berbagi tips bepergian di malam tahun baru yang akan dikirimkan ke semua pengguna. Tips-tips tersebut di antaranya:

1. Mulai pesta lebih awal dengan berbagi perjalanan Uber bersama teman-teman, dan berbagi biaya perjalanan lewat bantuan aplikasi. Atau, Anda juga bisa memilih uberPOOL untuk berbagi biaya dengan pengguna yang searah dengan Anda, untuk pilihan yang lebih terjangkau. uberPOOL bisa menghemat sampai dengan 30% total biaya Anda dengan uberX.

2. Pastikan bahwa Anda masuk ke mobil yang tepat dengan pengemudi yang benar pula. Cocokkan kembali model kendaraan dan pelat nomor yang tertera di aplikasi, Anda juga bisa memastikan nama pengemudi dengan menanyakannya pada mereka atau melihat foto yang tercantum.

3. Kabari teman atau keluarga Anda dengan membagikan status perjalanan Anda dari aplikasi: perkiraan waktu tiba, identitas pengemudi dan kendaraan serta posisi kendaraan secara real time.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat tahun baru!

Update
“Sejatinya, tidak ada biaya khusus dari Uber terkait malam tahun baru, memang yang selama ini berlaku adalah Dynamic Pricing,” ujar Dian Safitri, Head of Communications, Uber Indonesia, kepada Selular.ID (30/12/1016)

Kadangkala ada saat dimana permintaan perjalanan melebihi ketersediaan kendaraan di jalan. Dian menjelaskan, pada saat-saat tingginya permintaan tersebut, sistem (algoritma) akan melakukan penyesuaian dan meningkatkan biaya perjalanan untuk mendorong lebih banyak pengemudi agar online untuk memastikan agar warga bisa mendapatkan kendaraan di saat-saat yang paling mereka butuhkan.

“Saat ketersediaan pengemudi dengan jumlah permintaan mulai seimbang, biaya akan menyesuaikan hingga seimbang,” tutup Dian.

Artikel Terbaru