BerandaNewsIni Kata Oppo Soal Aturan Baru Sertifikasi Ponsel

Ini Kata Oppo Soal Aturan Baru Sertifikasi Ponsel

-

Ilustrasi smartphone Oppo
Ilustrasi smartphone Oppo

Jakarta, Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menerbitkan Rancangan Peraturan Menteri atau biasa disingkat RPM mengenai penyederhanaan proses penerbitan sertifikasi perangkat telekomunikasi, termasuk ponsel, laptop dan tablet.

Dalam RPM tersebut, aturan ini akan berdampak terutama pada sertifikasi telepon seluler merek global. Bagi merek global, sertifikasi via penyataan diri hanya dapat dilakukan oleh pemegang merek atau distributor resmi. Selain itu, pernyataan diri ini harus dilakukan untuk setiap perangkat yang hendak dimasukkan ke Indonesia.

Menyikapi aturan yang baru dilayangkan pada 6 Desember 2016, vendor ponsel asal Tiongkok Oppo, menyambut baik penetapan aturan itu, dan hingga saat ini Oppo Indonesia masih berusaha untuk memenuhinya.

“Kita melihat ada sisi baik dari pemerintah untuk memudahkan kami melakukan sertfikasi. Yang jelas, itu sangat-sangat membantu buat kita,” ujar Aryo Meidianto, Media Engagement OPPO Indonesia. “Aturan pasti fluktuatif. At least, kita selama ini sanggup mengikuti ritme dari pemerintah. Apa pun yang pemerintah tetapkan, Kami pasti ikuti.”

Selain itu tertuang dalam RPM, merek global juga diminta untuk melaporkan hasil uji dan sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dari Kementerian Perindustrian. Aturan TKDN ini mengharuskan seluruh brand memenuhi kewajiban 30 persen kandungan lokal. Jika tidak memenuhi aturan tersebut, maka mereka dilarang menjual produknya di Indonesia.

“Kami 100 persen yakin. TKDN untuk Oppo F1s sekarang 21,68 persen,” jelasnya,

Merek global dapat mengajukan sertifikasi melalui situs e-sertifikasi secara online dan mengisi data terkait perangkat. Sebuah merek dianggap sebagai merek global jika mereka masuk ke dalam 5 besar pangsa pasar dunia menurut lembaga independen internasional atau telah memiliki sertifikat dari lembaga uji internasional.

“Posisi Oppo di nomor empat di dunia. Tidak ada masalah,” tandas pria berkacamata tersebut.

Artikel Terbaru