News

MicroSD Sekarang Bisa Untuk Simpan dan Menjalankan Aplikasi Mobile

microSD
Jakarta, Selular.ID – File aplikasi mayoritas tersimpan di memori internal smartphone, karena memori eksternal belum cukup kencang dalam merespon perintah. Karena demikian, storage internal smartphone cepat terkuras oleh banyaknya aplikasi. Maka dari itu ketersediaan slot kartu microSD dalam perangkat menjadi sangat penting.

Minggu ini, kelompok yang menangani spesifikasi untuk kartu memori, SD Association, mengumumkan kategori baru yang disebut Application Performance Class, yang dirancang untuk kartu SD dan microSD dengan kinerja lebih solid untuk menyimpan dan menjalankan aplikasi mobile.

Sebelumnya, pada peluncuran Android 6.0 Marshmallow tahun 2015, perangkat Android sudah bisa memanfaatkan fitur adoptable storage, yang memungkinkan kartu microSD ditambahkan ke smartphone sebagai penyimpanan internal, bukan sebagai item penyimpanan terpisah.

Baca juga :  Lewat Aplikasi KAI Access, Kini Bisa Pesan Taxi Bluebird

Nah, peluncuran SD Specification5.1 pekan ini, yang di dalamnya terdapat kategori Application Performance Class, akan memberi informasi ke konsumen kartu-kartu mana yang cocok untuk menjalankan aplikasi.

Tentu, kartu-kartu tersebut akan lebih solid jika digabungkan dengan fitur storage adoptable yang ada di Android 6.0 Marshmallow. Kartu dengan logo “A1” telah disetujui untuk spesifikasi Application Performance Class tingkat pertama.

a1-performace
Jika Anda melihat simbol itu pada kartu microSD, berarti kartu tersebut dapat memenuhi atau melampaui standar tertentu, seperti Random Read Input-Output (IOPS) dari 1.500 per detik, Write IOPS dari 500 per detik, dan kinerja sequential berkelanjutan dari 10MB per detik.

Selain label A1 baru pada kartu microSD, logo juga akan ditampilkan pada smartphone baru, guna memastikan konsumen tahu bahwa perangkat tersebut kompatibel dengan kartu microSD yang memiliki kinerja setara Nand flash atau memori internal.

Baca juga :  Microsoft Akhiri Dukungan Office untuk Chromebook, Ini Gantinya

About the author

Khoirunnisa

Leave a Comment