Monday, October 14, 2019
Home News Aplikasi LGBT Masih Beredar di Toko Aplikasi Mobile

Aplikasi LGBT Masih Beredar di Toko Aplikasi Mobile

-

IMG-20161108-WA0002

Jakarta, Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) masih belum menutup aplikasi yang berisi konten dan mempromosikan LGBT (lesbian, gay, biseksual dan transgender). Belasan aplikasi LGBT masih bisa ditemui dan diunduh di toko aplikasi mobile seperti Android.

Noor Iza, Kepala Biro Humas Kemenkominfo, mengatakan pihaknya sejauh ini masih melakukan pendalaman terhadap aplikasi tersebut. Sejak ada awal pemblokiran tiga aplikasi yang telah ditindaklanjuti dengan penutupan level sistem penamaan domain atau DNS. Ketiga aplikasi tersebut adalah BoyAhoy, Grindr dan Blued.

“Dari tiga apps, satu tidak aktif dan dua masih dapat diakses,” katanya. “Dua yang masih diakses sudah terjadi pelemahan beberapa fitur di dalamnya.”

Noor mengungkapkan, untuk takedown secara penuh memang belum dilakukan oleh pihak Google selaku penyedia internet. “Pihak Ditjen aplikasi informatika masih berkomunikasi,” tuturnya.

Proses memblokir aplikasi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ia menilai, Pemerintah harus menyampaikan alasan yang tepat dari segi aspek hukum dan masyarakat kepada berbagai pihak, terutama pada penyedia platform.

Latest