spot_img
BerandaNews​Tips dari Norton untuk Tetap Aman Saat Online

​Tips dari Norton untuk Tetap Aman Saat Online

-

Jakarta, Selular.ID – Di era digital seperti sekarang ini berbagai transaksi dilakukan secara online. Namun untuk terhidari dari hal-hal yang merugikan yang dilakukan  para hacker, Norton melalui Chee Choon Hong, Director, Asia Consumer Business, Norton by Symantec memberikan tips agar mengurangi risiko kejahatan cyber:
Hal yang dilakukan adalah hindari pengulangan password. Lindungi akun dengan password yang kuat dan unik dengan kombinasi setidaknya 10 huruf besar dan kecil, serta simbol dan angka, untuk membantu menjauhkan para hacker.

Langkah kedua menurut Chee Choon Hong, persulit para hacker dalam mengakses informasi  dengan mengubah password  setiap tiga bulan sekali dan jangan menggunakan password yang sama untuk beberapa akun. Dengan demikian, jika seorang penjahat cyber mengetahui password Anda, mereka tidak dapat membahayakan seluruh akun Anda. Dan jika hal ini terlalu merepotkan, gunakan password manager untuk membantu.

Jangan tertipu ekspedisi phishing. Dikatakan Chee Choon Hong, berpikirlah dua kali sebelum membuka pesan atau lampiran yang tidak diharapkan, terutama dari orang yang tidak kenal, atau mengklik tautan acak. Pesan tersebut mungkin berasal dari penjahat cyber yang telah menyusup ke akun email atau sosial media teman atau anggota keluarga Anda.

Ketika menginstal sebuah perangkat baru yang terhubungkan dengan jaringan, seperti router atau termostat pintar, ingatlah untuk mengubah password standarnya. Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan fitur-fitur internetnya, seperti peralatan pintar, non-aktifkan atau lindungi akses jarak jauhnya jika tidak diperlukan. Lindungi juga koneksi nirkabel  dengan enkripsi Wi-Fi yang kuat sehingga tidak seorangpun dapat dengan mudah melihat perjalanan data antar perangkat Anda.

Tetaplah memegang kendali saat online: Gunakan software keamanan bagi perangkat Anda untuk membantu melindungi Anda terhadap ancaman-ancaman terbaru. Lindungi semua perangkat Anda dengan solusi yang tangguh dan multiplatform.

Kenali seluk-beluk jaringan Wi-Fi publik. Mengakses informasi pribadi pada Wi-Fi publik yang tak terlindungi sama halnya dengan menampilkan seluruh layar smartphone di layar televisi. Segala hal yang Anda lakukan pada suatu situs atau melalui sebuah aplikasi dapat berpotensi untuk diekspos. Hindari apapun yang membuat Anda berbagi informasi pribadi seperti membayar tagihan secara online, masuk ke akun media sosial, membayar apapun dengan kartu kredit.

Artikel Terbaru