spot_img
BerandaNewsSecurityRaksasa Antivirus Avast Akuisisi Rival AVG Senilai Rp17 Triliun

Raksasa Antivirus Avast Akuisisi Rival AVG Senilai Rp17 Triliun

-

logo-bf-rgbJakarta, Selular.ID – Avast, penyedia software antivirus dengan 230 juta pengguna global, mengumumkan bahwa ia akan mengakuisisi rival AVG senilai $1,3 miliar atau setara Rp17 triliun yang akan dibayar tunai sesuai perjanjian.

Keduanya merupakan pemimpin teratas aplikasi kemanan mobile di Play Store untuk ponsel tablet Android, bersama Bitdefender, Kaspersky, Lookout, McAfee, dan Norton. Mayoritas mereka menyajikan dua versi aplikasi, cuma-cuma dan berbayar.

Dengan kesepakatan transaksi dua perusahaan yang sama-sama berbasis di Republik Chechnya tersebut, akan memungkinkan Avast untuk melebarkan sayap bisnisnya ke seluruh pasar di dunia.

Bersama-sama, kedua perusahaan memiliki basis pengguna sebanyak 400 juta, termasuk 16 juta di antaranya yang menggunakan produk mobile mereka.

Avast berharap dengan akuisisi baru ini, perusahaan akan mampu menciptakan layanan security yang lebih baik untuk sektor UKM dan hardware IoT.

Hingga saat ini, belum diketahui apakah Avast akan melebur sofware AVG ke brand-nya, ataukah melanjutkan penjualan mereka dengan bendera sendiri.

Sebagai informasi, aplikasi antivirus mobile tidak hanya menawarkan deteksi dan pencegahan malware top-notch, tapi juga menyediakan fitur-fitur privasi dan anti-maling. Termasuk kemampuan untuk back-up kontak, melacak koordinat ponsel, memotret maling dengan kamera perangkat, dan menggunakan smartwatch Android Wear untuk mengetahui letak ponsel.

Artikel Terbaru