Wednesday, July 15, 2020
       
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Oppo F1S: Generasi Penerus Selfie, Kamera Makin Mumpuni

Review Oppo F1S: Generasi Penerus Selfie, Kamera Makin Mumpuni

-

Oppo F1s

Jakarta, Selular.ID – Setelah seri F1 dan F1 Plus, Oppo terus mengkampanyekan brand mereka sebagai “Selfie Expert” dan kali ini mereka mendatangkan seri terbaru bertajuk F1s apa saja keunggulannya dibandingkan produk pendahulunya? simak reviewnya berikut ini.

Kelebihan
– Desain body premium
– Mudah dapatkan tema
– kamera selfie yang mumpuni
– daya tahan baterai lama

Kelemahan
– Layar tidak sebaik pendahulunya
– Interface mirip iOS
– Tidak memiliki fitur VOOC/ fast charging

Desain
Disimak dari bentuknya F1s tidak jauh berbeda dari pendahulunya F1 Plus. Tidak hanya dari bentuknya bahwa material frame metal alloy masih digunakan pada F1s ini, sehingga secara daya tahan ponsel ini masih kuat dan kokoh. Bentuknya yang tipis dan ergonomis membuat smartphone mudah untuk ditenteng atau digunakan dengan satu atau kedua tangan.

Tombol volume rocker masih disematkan pada posisi yang sama, yakni disebelah kiri, begitu juga slot SIM dengan tombol power/standby yang ada disebelah kanan. Yang membedakan adalah posisi power audio jack yang ditukar posisinya dibagian bawah bersama dengan port microUSB yang disediakan sebagai port untuk mengisi baterai dan lubang speaker.

Memiliki ukuran layar 5.5 inci, Oppo memasang bazzel yang sangat tipis. Dilapisi dengan lapisan 2.5D Corning Gorilla Glass 4 pada seluruh bagian depan akan memberikan kenyamanan pengguna karena ponsel ini akan tahan terhadap goresan. Pada bagian bawah layar tersedia satu tombol home berbentuk oval. Tombol ini juga sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jadi. Disampingnya diapit dengan tombol sentuh yang dilengkapi dengan backlit.

Pada bagian balakang ponsel, pengguna akan menemukan kamera yang berada disebelah pojok kiri atas namun dibandingkan F1 Plus lampu LED flash sekarang ditempatkan disamping kanan kamera. Dibawahnya pada bagian tengah tersedia logo Oppo.

Saat menggenggam, ponsel terasa nyaman untuk digunakan. Tidak hanya itu pada bagian belakang ada lapisan yang membuat sidik jadi tidak mudah tertinggal dan tidak mudah kotor pada permukaannya.

Layar
Tidak berbeda dengan pendahulunya, Oppo F1s juga berjalan diatas OS Android 5.1 dan lapisan interface ColorOS 3.0. Sayangnya di F1s, jenis layar yang digunakan tidak lagi menggunakan jenis AMOLED dengan resolusi HD seperti pada F1 Plus. Akan tetapi kali ini pada F1s, Oppo hanya membenamkan layar jenis IPS TFT dengan resolusi yang pangkas menjadi 720 x 1920 piksel dengan kerapatan piksel hingga 267 ppi. Namun begitu kaulitas layar yang dipancarkan tidak begitu kentara, karena layar tetap nyaman dimata, apalagi Oppo juga membenamkan fitut Eye Protection.

interface

Pada Interface ColorOS 3.0 ini Oppo F1st idak menggunakan app drawer seperti pada smartphone kebanyakan. Didalamnya Oppo masih menyediakan fitur sudah ada pada F1 Plus seperti O-Cloud, Lock Now, Security Center dan Theme Store. Selanjunya masih ada aplikasi File Explorer yang dapat mengatur semua file seperti file memori Music, Videos, Pictures, Documents, APK dan ZIP.

Kamera Selfie
Pada fitur kamera, Oppo F1s juga masih menempatkan resolusi yang lebih besar pada kamera depan dibandingkan kamera belakang. Ini merupakan komitmen Oppo untuk menghadirkan smartphone “Selfie Expert”. Datang dengan berresolusi 16 MP, kamera depan Oppo F1 Plus menggunakan sensor sebesar 1/3.1 inci dan diafragma besar f2.0, kombinasi ini menyajikan sensitivitas tinggi dalam menyerap cahaya sehingga menghasilkan gambar yang lebih terang dan detail lebih tajam walau dalam kondisi kurang cahaya.

photo

Oppo juga menambahkan optimalisasi teknologi bernama Beautify 4.0 terbaru pada F1s menghasilkan efek yang lebih alami dalam mengambil foto selfie. Pada fitur ini tersedia 7 tingkat efek beautify dan pilihan warna kulit yang diklaim telah disesuakan dengan kulit orang Indonesia, kustomisasi memudahkan untuk memilih hasil yang paling alami dan menarik perhatian.

Oppo juga menghadirkan 7 jenis filter dengan tone warna yang bervariasi dan 9 jenis watermark dapat dipilih, seperti pengaturan waktu, tanggal, lokasi, temperatur berdasarkan waktu saat berfoto selfie, sehingga memberikan pengalaman fotografi kreatif saat selfie, dan bisa langsung dibagikan ke jejaring sosial.
Ada juga fitur Selfie Panorama dengan 120-degree Wide Angle. Pengguna tinggal menggerakkan kamera depan F1s kearah kiri dan kanan untuk mendapatkan gambaran lebih luas, OPPO F1s secara otomatis menghasilkan foto selfie panorama dengan sudut lebih lebar.

Kamera belakang
Tidak hanya kamera depan, kamera belakang juga memiliki kemampuan yang tidak kalah bagus. karena sudah dibekali dengan resolusi 13MP dengan sensor terbaik sebesar 1/3.06 inci diklaim dapat membuat hasil kamera memiliki tingkat sensitivitas cahaya yang tinggi, mampu menghasilkan foto yang cerah dan menakjubkan meski dalam kondisi malam hari.

photo2

Kamera belakang F1s juga dilengkapi teknologi PDAF, yang memberikan kemampuan untuk melakukan focusing cepat. Ada juga fitur Ultra HD kamera belakang F1s dapat menghasilkan foto 50 Megapixel dengan detail yang tajam dan terjaga.
Hasilnya pada foto selfie sangat baik bahkan bisa dibilang sempurna, karena sebagian besar orang yang melihat hasil fotonya memberikan penilaian yang baik. untuk hasil kamera bagian belakang juga memberikan hasil yang cukup manajubkan baik dalam keadaan terang maupun low-light.

Fingerprint Scanner
Pada sensor sidik jari, Oppo F1 Plus membekan pengalaman pengguna akan merasakan teknologi sensor pemindai sidik jari dengan ketebalan hanya 0.1 milimeter, dengan kemampuan sensor yang lebih cepat dan akurat, hanya perlu waktu 0.2 detik untuk membuka layar. OPPO juga mengembangkan self-learning technology pada sensor sidik jari, semakin digunakan semakin akurat.

Fingerprint

Sensor sidik jadi pada F1s hanya memerlukan satu kali sapuan pada pemindai sidik jari dari kondisi layar mati untuk melakukan panggilan dari kontak, atau untuk membuka sebuah aplikasi. Dengan fitur Flash Touch Access memberikan pengalaman yang paling cepat dan paling aman, dengan mengintegrasikan fitur perintah pada sensor pemindai sidik jari. Fitur perintah ini dapat dikustomisasi hingga 5 perintah yang didaftarkan.

Performa
Untuk dapur pacunya Oppo sudah menyiapkan chipset Mediatek MT6760 dengan CPU Octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 1.5 GHz. Didukung juga dengan GPU Mali-T860 dan RAM 3GB, maka pengguna, Anda akan merasakan pengalaman multitasking yang mulus dan lancar, baik dalam mengaktifkan aplikasi maupun berpindah antar aplikasi.

kinerja

Untuk memori, telah tersedia memori internal 32GB, memberikan ruang penyimpanan internal lebih banyak dan akses lebih cepat, dapat diperluas dengan slot micro SD untuk penyimpanan eksternal hingga 128GB. Untui mesukan memori eksternal dapet anda masukan pada slot yang tersedia.

Dengan hardware spesifikasi yang dimilikinya Oppo mampu menghasilkan skor hingga —- ribu-an. Tidak hanya mampu menghasilkan skor yang cukup tinggi, smartphone ini juga mampu menjalankan game berat 3D. Seperti yang kami test dengan menggunakan game Sniper Assult. Ponsel ini mampu menjalankan game dengan baik tanpa ada masalah.

Dibandingkan pendahulunya, Oppo Fi Plus, F1s memiliki kapasitas baterai non-removable berkapasitas yang lebih besar dengan 3075mAh jenis Li-Po. Dengan kapasitas ini pengguna dapat menggunakan smartphone ini dengan rata-rata penggunaan diatas 10 jam. pada saat kami gunakan, Oppo F1s dapat bertahan hingga seharian penuh, bahkan sampai makan smartphone ini masih menisakan sekitar 20%.

Konektivitas
Untuk fitur koneksi Oppo F1s sama dengan seri F1 Plus, yakni dengan koneksi internet 4G LTE. dengan koneksi ini maka pengguna dapat terhubung ke internet dengan kecepatan hingga 300 Mbps padauntuk kemampuan download dan 50 Mbps pada kecepatan upload. Tidak hanya koneksi internet, Oppo juga melengkapinya dengan F1s dengan beberapa koneksi yang cukup lengkap seperti Bluetooth, GPS with A-GPS, kabel data microUSB v2.0, USB Host.

oppo

Di Indonesia Oppo F1s di jual dengan harga Rp. 3.799.000 dan tersedia dalam dua pilihan warna, gold dan rose gold.

Oppo F1s sejatinya sudah menggelar pre-order pada 3 hingga 10 Agustus, dan mulai 11 Agustus kemarin OPPO secara resmi sudah memasarkan smartphone terbarunyan itu. Menyusul sukses yang diraih OPPO di masa pre-order, di hari pertama penjualan perdananya, F1s diklaim mendapat sambutan antusias dari masyarakat Indonesia.

oppo-f1-perdana

Tepat 1 pekan, OPPO F1s diklaim sudah di pre-order lebih dari 17 ribu unit, dan di hari pertama ini F1s sudah diantri 10.000 calon penggunanya di Indonesia, baik yang melakukan pre-order ataupun yang melakukan pembelian secara langsung,

Untuk mendapatkan smartphone ini pengguna juga dapat merasakan langsung perangkat terbaru OPPO ini melalui F1s Exhibition Roadshow yang berlangsung di 20 Kota – kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Balikpapan, Medan dan Makassar.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest