Wednesday, July 17, 2019
Home News IDPRO: Kominfo Harus Dorong Pertumbuhan Ekosistem Data Center Indonesia

IDPRO: Kominfo Harus Dorong Pertumbuhan Ekosistem Data Center Indonesia

-

datacenterJakarta, Selular.ID – Beberapa waktu lalu Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendaral Tito Karnavian meminta agar data center milik penyedia layanan media sosial (Medsos) untuk dipindah ke Indonesia menyusul kerap dijadikannya medsos sebagai sarana provokasi.

Menanggapi permintaan Kapolri tersebut, Kalamullah Ramli, Ketua umum Indonesia Data Center Provider Organization (IDPRO), menyatakan dukungannya mengingat keberadaan data center untuk layanan publik di wilayah jurisdiksi Indonesia adalah persoalan Kedaulatan Data (Data Sovereignty) bangsa Indonesia.

Kewajiban menempatkan data center tersebut dijelaskan Kalamullah sesuai dengan Peraturan Pemerintah no. 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik (PSTE), khususnyapasal 17 ayat 2, tentang kewajiban Penyelenggara Sistem Elektronik untuk menempatkan pusat data dan pusat pemulihan bencana di wilayah Indonesia untuk kepentingan penegakan hukum, perlindungan, dan penegakan kedaulatan negara terhadap data warga negaranya.

“Pemerintah harus segera menerbitkan aturan turunan yang lebih detil dan mengikat untuk menumbuhkan ekosistem industri Data Center (pusat data)  nasional yang berdayaguna dan berdayasaing,” tegasnya saat ditemui Selular.ID.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Muli ini mengatakan bahwa kebijakan penempatan Data Center di dalam negeri bagi layanan publik atau layanan yang menyimpan data strategis Warga Negara, bukan hanya di Indonesia.

“Berdasarkan laporan dari Oxford University, Rusia dan China telah menerapkan kebijakan serupa. Brazil pun berencana menerapkan kebijakan yang mirip. Jerman juga memiliki Privacy Laws yang sangat ketat dan rigid, yang menyebabkan Microsoft pada bulan November 2015 memutuskan menempatkan Data Center layanan cloud mereka di dalam Negara Jerman,” ungkapnya.

Selain itu, Uni Eropa juga dikatakannya tengah mempersiapkan aturan yang mewajibkan penempatan data center di dalam wilayah Eropa. Kebijakan yang dibuat Jerman pun telah menyebabkan industri data center nasional mereka tumbuh dengan sangat cepat.

Latest