Tuesday, August 20, 2019
Home News Enterprise Performa Iklan Mobile Web Vs Aplikasi

Performa Iklan Mobile Web Vs Aplikasi

-

VSJakarta, Selular.ID – Ada dua channel yang bisa ditempuh untuk memanfaatkan ponsel sebagai media iklan,  yakni melalui pemasangan iklan di mobile web atau di aplikasi. Lalu mana yang lebih mengenai target?

Ternyata, pendapatan iklan pada platform mobile web masih lebih besar dari aplikasi, namun tingkat click-through pada platform aplikasi dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan click-through pada web.

Hal ini membuktikan bahwa bisnis aplikasi memiliki peluang sangat menjanjikan di Indonesia. Pendapatan iklan aplikasi juga meningkat 3,2 kali dibandingkan tahun sebelumnya, dan hampir 60 persen lebih tinggi daripada rata-rata pertumbuhan di Asia-Pasifik.

Hal itu terungkap melalui laporan terbaru Mobile First Insights (MFI) dari Opera Mediaworks untuk kawasan Asia-Pasifik (APAC), termasuk Australia, India, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Laporan ini juga menemukan bahwa iklan in-app menyalip mobile web di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, kecuali Indonesia dan India. Click-through pada aplikasi 1,3 hingga 2 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan web click-through di semua negara Asia-Pasifik yang disurvei.

Dari segi pendapatan iklan, aplikasi juga melebihi mobile web di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, sebanyak 13 kali lebih besar di Singapura dan Thailand.

Dalam keterangan resmi, Vikas Gulati, Managing Director, Asia Opera Mediaworks, mengatakan sangat menarik menyaksikan bagaimana beberapa tren, seperti penggunaan game, teknologi dan komputasi serta sosial media yang tinggi, tercermin di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, terlepas dari perbedaan budaya, sosial dan ekonomi di kawasan ini.

Laporan triwulan MFI di atas dirancang untuk membantu pemasar dalam bernavigasi dalam lingkup mobile, yang berubah dengan cepat, dan membuat keputusan strategis, yang akan mendorong hasil nyata untuk bisnis mereka. (edk)

Latest