Chosen, Aplikasi untuk Membuat Video Clip

chosen-featureJakarta, Selular.ID – Chosen, sebuah startup yang didirikan oleh mantan CEO Beats Music, secara serius bergerak di bidang video creation. Pada mulanya, fitur video yang ada didesain untuk pengguna yang ingin melakukan showcase atas kemampuan bermusik mereka, seperti bermain alat musik atau bernyanyi. Kemudian akan muncul sistem voting berdasarkan jumlah bintang yang didapat.

Akan tetapi, seperti kebanyakan startup,  konsep awal tidak pernah bertahan untuk waktu yang lama. Pada akhirnya, publiklah yang menentukan fungsi dari aplikasi tersebut. Pada kasus Chosen, sebagai ganti dari virtual musik talent show, aplikasi ini bermetamorfosis menjadi platform video seperti pada umumnya.

Seperti yang dilansir oleh Techcrunch (01/07/16) Chosen didanai oleh Ellen DeGeneres dan bekerjasama dengan The Ellen Show. Alasan diadakannya kerjasama tersebut adalah untuk mengisi konten Chosen. Jadi pengguna ditantang untuk mengunggah video dance yang lebih baik dibandingkan dengan Ellen.Namun respons yang didapat tidak terlalu memuaskan.

Akhirnya Chosen pun kembali membuat pembaruan, yakni hadirnya 20 juta video rekomendasi yang bisa digunakan pengguna sebagai contoh untuk membuat video.

Berdasarkan keterangan dari CEO Chosen, David Hyman, Chosen telah melihat bahwa anak-anak muda tidak lagi menonton video musik lagi. Anak-anak muda lebih cenderung membuat lip-sync di sebuah paltform. Generasi tersebut menemukan musik dengan berinteraksi dan membuat sebuah konten baru. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa ke depannya Chosen akan menambah fitur baru seperti fitur Snapchat Lenses.