Menunggu Waktu Buka Puasa dengan Aplikasi MyQuran

aplikasi myquran edit
Jakarta, Selular.ID Bulan Ramadhan merupakan momen yang ditunggu-tunggu umat muslim untuk memaksimalkan ibadahnya, sehingga membaca Al-quran menjadi kegiataan yang dilakukan di bulan suci disaat menunggu waktu berbuka. Membaca Al-quran di era digital, bagi yang mobile tetap bisa dilakukan. Seperti mengunduh aplikasi Al-quran ke smartphone Anda, mungkin aplikasi MyQuran Al-Quran Indonesia besutan The Wali Studio bisa menjadi rujukan.

Aplikasi anak bangsa ini berisi semua surat dalam Al Quran. Dalam situsnya dijelaskan aplikasi ini ditujukan bagi siapapun yang ingin memiliki Al Quran secara utuh 114 surat di dalam perangkat androidnya. Di aplikasi menyimpan ayat terakhir yang dibaca agar dengan mudah melanjutkannya. Selain itu ada juga fungsi pencarian, kumpulan doa dalam Al Quran.

Untuk melengkapi tulisan Al Quran yang semuanya berbahasa Arab maka disediakan pula lantunan bacaan dari berbagai qori (pembaca) yang bisa diunduh sebagai file tambahan. Ada lebih dari lima belas suara qori yang bisa dipilih dari menu Setting meskipun pada versi lite (gratis) hanya tersedia untuk Surat Al Fatihah, Al Falaq, Al Ikhlas dan An Naas.

Selain itu, MyQuran Al-Quran Indonesia menyertakan pilihan untuk menampilkan terjemahan dalam bahasa yang umum diketahui seperti Inggris, Jepang, Perancis, Korea sampai bahasa Polandia, Portugis, Swahili, Tamil dan masih banyak lagi. Terjemahan tersebut merupakan file tambahan sehingga perlu mengunduh filenya sebelum bisa menampilkan terjemahnya walaupun secara tampilan dasar sudah disertakan terjemahan bahasa Inggris dan Indonesia. Untuk melihat mana yang sudah diunduh dan mana yang belum, bisa dilihat dari tanda centang hijau di pinggir bahasa terjemahan. Jika sudah ada tanda centang, maka terjemahan bahasa tersebut sudah bisa ditampilkan.

Ukuran MyQuran sendiri sebenarnya tidak besar, hanya 11 MB, dan android 2.2 pun sudah bisa menjalankan aplikasi ini. Yang menjadikan besar adalah unduhan-unduhan baik berupa suara maupun teks terjemahan untuk setiap ayatnya. Untungnya unduhan-unduhan ini bersifat pilihan sehingga pengguna tidak harus mengunduh file ukuran super besar.

Aplikasi ini juga diperkaya dengan informasi tambahan seperti jadwal salat, doa, Asmaul Husna, Makhraj, bookmark. Untuk mengisi waktu ngabuburit Anda pada Ramadhan tahun ini, aplikasi tersebut menyediakan fitur Khatam serta Hafalan.

Pengguna dapat membaca ayat per ayat dari hari pertama hingga hari ke-30. Tulisan Arab Alquran tidak diambil dari internet, sesuai versi cetak di Indonesia dan sudah di periksa (TASHIH). Developer menyediakan versi free dan juga Full Version. Pada Full Version, aplikasi mobile ini menyediakan tanda tajwid di semua surat Alquran, suara qori serta bookmark atau penanda halaman tanpa batas.Untuk meng-install-nya di perangkat berbasis Android, Anda bisa mengakses Google Play Store dan mengunduh aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia dengan ukuran 13,66 MB.