Friday, July 10, 2020
Home News Amazon Luncurkan Platform Untuk Bidang Pendidikan

Amazon Luncurkan Platform Untuk Bidang Pendidikan

-

amazon-inspire

Jakarta, Selular.ID – Amazon meluncurkan proyek baru yang dinamakan Amazon Inspire. Platform tersebut dibuat untuk menjadi wadah bagi para guru dan pelajar yang ingin mempublikasikan atau mencari sumber pustaka secara online. Untuk pelajar, materi yang tersedia sekarang ini hanya untuk jenjang taman kanak-kanak sampai kelas 3 SMA. Sejauh ini, baru para guru di Amerika yang bisa berkontribusi dalam Amazon Inspire, seperti yang dilansir oleh Techcrunch (28/06/16).

Pada dasarnya platform ini ditujukan untuk menjadi “crowdsourcing”. Namun jika para guru atau akademisi lambat dalam mempublikasikan materi yang dimiliki, pihak ketiga seperti Perpustakaan Folger Shakespeare dan Newseum di Washington, DC dapat menjadi alternatif untuk sumber konten.

“Sejauh ini, edukator sangat senang untuk berkontribusi untuk mengisi konten,” ujar Rohit Agarwal, selaku GM dari Amazon K-12 Education. “ Seluruh distrik dan negara bagian tengah berkontribusi dengan semangat, entah untuk membuat atau mengurasi materi yang akan dimuat di situs Amazon Inspire,” tambahnya.

Amazon mengestimasikan bahwa guru menghabiskan 12 jam per minggu untuk mencari materi kuliah. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa paltform ini dibangun. “ Jika kita dapat memungkinkan para guru berkontribusi sebagai sumber atau membantu menemukan sumber, kita secara kolektif dapat membangun akses untuk 3 juta lebih guru di luar sana,” ucap Rohit.

Amazon tidak mengambil profit secara langsung dari proyek terbarunya ini. Akan tetapi, hadirnya layanan tersebut akan meningkatkan traffic dari beberapa produk yang merupakan kunci strategis dari bisnis Amazon.

Latest