Sunday, July 21, 2019
Home News Debut di AsTeng, Qualcomm Pamer 7 Smartphone Bertenaga Snapdragon 820

Debut di AsTeng, Qualcomm Pamer 7 Smartphone Bertenaga Snapdragon 820

-

mantoshSingapura, Selular.ID – Produsen prosesor untuk perangkat komunikasi khususnya smartphone Qualcomm melakukan debut Snapdragon 820 untuk pasar Asia Tenggara, di Singapura. System on Chip (SoC) tersebut merupakan model terbaru di level premium besutan Qualcomm. Sebelumnya, Snapdragon 820 sudah diperkenalkan perusahaan di panggung Mobile World Congress di Barcelona awal tahun ini.

Jim Cathey, VP & President Asia Pacific & India, Qualcomm Technologies, Inc. mengungkap sampai hari ini, sudah ada tujuh perangkat yang merupakan smartphone unggulan dunia, yang bertenaga Snapdragon 820. Mereka adalah Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, LG G5, Sony Xperia X, Xiaomi Mi 5, Vivo Xplay 5S, HP Elite X3, dan LeTV Le Max Pro. Smartphone yang disebut terakhir, merupakan perangkat pertama di dunia yang mengusung Snapdragon 820.

Dari daftar smartphone di atas, hanya Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang sudah beredar di Indonesia. Namun, vendor Korea Selatan itu menerapkan strategi berbeda di tiap negara. Sejak diperkenalkan, flagship yang sudah dijajakan akhir Februari silam memang mengusung dua varian prosesor. Perusahaan menyematkan chipset besutan sendiri ke dalam duo Galaxy S7 yang dijajakan di tanah air.

Lalu kapan konsumen Indonesia bisa mencicipi performa prosesor yang mampu mengalirkan kecepatan unduh hingga 600Mbps tersebut? Shannedy Ong, Senior Director, Business Development, Qualcomm Southeast Asia & Pacific, mengatakan itu akan tergantung pada Original Equipment Manufacturer (OEM). “Kalau dari segi prosesornya dan produknya, itu sudah tersedia, ” ungkapnya.

Sebagai informasi, Xiaomi dan LG sudah menyatakan segera menghadirkan flagship anyar mereka di Indonesia. Tapi hingga kini, belum ada tanggal resmi kapan mereka akan melakukannya. Serta, belum diketahui apabila mereka akan merilisnya dengan tenaga Snapdragon 820 atau prosesor berbeda untuk pasar nusantara, seperti yang dilakukan Samsung.

Selain untuk smartphone, Snapdragon 820 juga bisa digunakan sebagai chip untuk perangkat elektronik lain, termasuk di antaranya untuk industri otomotif (smart car), networking (Wi-Fi) dan ekosistem internet of things (IoT).

“Selain tujuh smartphone unggulan yang sudah rilis global, kami juga tengah mengembangkan lebih dari 100 desain perangkatbersama brand-brand besar yang menggunakan SoC ini,” ujar Cathey. Hanya saja, ia enggan menyebut siapa ke-100 mitranya tersebut. Cathey hanya menyebut saat ini Qualcomm sudah bekerja sama dengan produsen mobil Audi, dan teknologi hasil kolaborasi mereka akan tersedia tahun depan secara komersil.

Latest