Saturday, July 11, 2020
Home News Teknologi Arus Searah Lebih Baik Ketimbang Arus Bolak Balik di Data Center

Teknologi Arus Searah Lebih Baik Ketimbang Arus Bolak Balik di Data Center

-

image

Jakarta, Selular.ID – Salah satu komponen penting yang menjadi pertimbangan dalam membangun data center adalah sistem perlistrikan. Karena jika sistem perlistrikan tidak memadai maka bisa dipastikan pusat data akan mengalami masalah, yang berakibat kerugian bagi perusahaan yang mengandalkan data center untuk melindungi data-data penting.

Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Sutedjo Manager of Control Technologies ABB Indonesia menurutnya, banyak perusahaan yang membangun data center di pingir kota, hal ini untuk mengindari kebakaran atau hal-hal yang berhubungan dengan kehilangan data.

“Begitu hati-hatinya membangun data center, sehingga dibutuhkan tempat untuk menyimpan data. Dan biasanya mereka memilih dipinggir kota dengan lahan yang luas,” ujarnya.

Sutrisno juga menyebutkan, bahwa untuk perlistrikan dibutuhkan
sistem perlistrikan yang cukup baik. Salah satunya dengan penggunaan DC. Teknologi arus searah ini mengurangi kerugian konversi data dan dapat menghemat energi hingga 10 hingga 20% dibandingkan dengan teknologi arus bolak balik (AC) yang konvensional ketika digunakan untuk penyaluran daya listrik yang digunakan dalam data center.

Sutrisno juga menambahkan dalam data center diperlukan pelindungan untuk tegangan rendah (low voltage), tegangan sedang (medium Voltage) dan trafo untuk melindungi perlistrikan serta untuk menyesuaikan tegangan yang dialirkan. Agar listrik di data center tetap stabil.

“Data center sudah dianggap sebagai sistem kompleks yang membutuhkan secara bersamaan keahlian mendalam dan multifungsi, data center pun akan yerus berkembang seiring dengan penggunaan data yang besar,” tutup Sutrisno.

Latest