Saturday, July 11, 2020
Home News YuMi: Robot yang Temani Manusia Bekerja di Pabrik

YuMi: Robot yang Temani Manusia Bekerja di Pabrik

-

IMG_20150812_172532Jakarta, Selular.ID – Spesialis teknologi dan otomatisasi, ABB, memboyong inovasi robot terbarunya yang diberi nama YuMi, untuk sektor industri di Indonesia.

YuMi merupakan robot kolaboratif yang bekerja untuk menemani aktivitas manusia, terutama di industri produksi elektronik. Contohnya seperti perakitan (part assembly) ponsel dan mainan.

Dengan segudang kemampuan robot yang konsisten, YuMi diklaim bisa membantu kelancaran pertumbuhan dan pergerakan bidang industri.

Lilik Suharmawan, Local Unit Business Manager ABB, menguraikan bahwa konsep YuMi dirancang agar pemrograman semakin simple tanpa perlu merekrut banyak engineer di suatu perusahaan. Akan tetapi, tetap saja YuMi tak akan pernah bisa mengganti posisi manusia dalam proses produksi.

“Manusia masih memegang peran penting dalam produksi. Tugas YuMi adalah untuk memenuhi kebutuhan produksi yang fleksibel dan cepat,” kata Lilik saat mengundang awak media ke kantor ABB, hari ini (12/8/2015), di Jakarta.

Robot YuMi mampu mendukung segala macam aplikasi merata di lingkungan manufaktur komponen kecil berkat beragam inovasi teknologi yang diusungnya, seperti dua lengan robot yang fleksibel, sistem pengasupan komponen universal, komponen berbasis kamera,lead-through programming, serta teknologi mutakhir sistem kontrol gerakan berpresisi tinggi,”

Lebih lanjut dijelaskan, YuMi diciptakan dengan rangka berbahan magnesium yang begitu ringan dan dibungkus pelindung berupa plastik pengambang dengan bantalan empuk untuk meredam benturan.

Jika nantinya terjadi benturan yang tak disengaja dengan manusia, YuMi akan langsung berhenti beroperasi dalam hitungan milidetik dan dapat bergerak lagi hanya dengan menekan tombol play padaremote control.

Untuk sektor ukuran, robot ini memiliki bentuk ringkas dengan dimensi seukuran tubuh manusia dengan gerakan yang mengadaptasi manusia. YuMi memiliki tinggi 56cm dan bentangan dua tangan sepanjang 162cm.

YuMi mulai debut di pasar Indonesia dengan banderol minima seharga USD40 ribu atau sekitar Rp 552 miliar per unit.

“Harga masih bisa lebih tinggi bila menyesuaikan kebutuhan customer,” pungkasnya.

Latest