Tiba Di AS, Presiden Jokowi Bakal Temui Bos Twitter

twitter-jokowi

Jakarta, Selular.ID – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (@jokowi) telah sampai di Amerika Serikat untuk menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) US – ASEAN Summit yang pertama di Sunnylands, California.

Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan mengunjungi kantor pusat Twitter di San Francisco untuk bertemu dengan CEO Twitter, Jack Dorsey (@jack), pada tanggal 17 Februari mendatang waktu setempat (18 Februari pagi hari, WIB). Kunjungan ini merupakan bagian dari inisiatif beliau untuk menekankan peran Indonesia dalam meningkatkan keamanan dan pra-deteksi, di mana platform komunikasi dan sosial seperti Twitter memainkan peran yang sangat penting dalam melawan dan mencegah terorisme dan tindakan ekstrimis.

Sebelum meluncurkan kembali akun Twitternya, @jokowi telah memiliki lebih dari 2.3 juta pengikut. Sampai hari ini, akun Presiden Joko Widodo telah mempunyai lebih dari 4.43 juta pengikut.

Beliau juga menjadi Presiden pertama di kawasan Asia Pasifik yang memiliki dan menggunakan Periscope, aplikasi live broadcast milik Twitter (dengan nama akun: @presidenjokowidodo) untuk berbicara langsung dengan masyarakat saat #KarnavalKhatulistiwa di Pontianak bulan Agustus 2015 lalu.

Sebagai salah satu pemimpin yang memiliki presence kuat di Twitter, @jokowi menjadikan platform ini sebagai catatan harian aktivitas beliau sebagai seorang Presiden dan sebagai bagian dari masyarakat.

Twitter memungkinkan Presiden Joko Widodo untuk tetap terhubung dengan masyarakat dan memberikan beliau kesempatan menjadi lebih transaparan mengenai kinerja pemerintah dalam hal pembangunan, keamanan, hukum, sosial, politik, dan budaya. Beliau juga menggunakan Twitter sebagai media untuk melakukan diplomasi dengan pemimpin dari berbagai negara. Presiden @jokowi juga menggunakan Twitter untuk menjawab beragam isu yang sedang terjadi serta mengambil tindakan sebagai balasan dari Tweet masyarakat.