Meizu Bakal Rilis Perangkat Ubuntu Anyar

meizu-ubuntu-pro-5Jakarta, Selular.ID – Produsen smartphone asal Tiongkok, Meizu, kemungkinan akan mengungkap sebuah ponsel baru bertenaga Ubuntu di Mobile World Congress pekan depan. Perusahaan baru saja merilis sebuah teaser yang menunjukkan hal tersebut, tapi tidak mengungkap secara spesifik tentang handset yang dimaksud.

Seperti halnya Android, Ubuntu merupakan suatu variasi pada sistem operasi berbasis Linux, menggunakan kode sumber terbuka (Open Source) dan sudah menjadi sistem operasi standar di seluruh dunia.

Bukan hal baru, perusahaan sudah dua kali menyuguhkan smartphone Ubuntu di panggung MWC. Tahun 2014 silam, vendor memamerkan MX3 Ubuntu, sementara di MWC tahun lalu, perusahaan meluncurkan Meizu MX4 Ubuntu.

Sampai saat ini tidak ada keterangan resmi soal perangkat Meizu bertenaga Ubuntu mana yang akan ditampilkan di MWC tahun ini. Laporan yang beredar mengatakan bahwa perusahaan akan mengungkap Pro 5 Ubuntu Edition, yang bocoran fotonya sudah berkeliaran di dunia maya beberapa pekan lalu. Perangkat merupakan upgrade dari MX4 dengan layar yang lebih lebar, tambahan pemindai sidik jari, serta prosesor Exynos yang lebih powerful.

Meizu bukan menjadi satu-satunya merek ponsel China yang ambil bagian dalam ajang tahunan itu. Rivalnya, Xiaomi dipastikan akan menampilkan Mi5, kemudian ada Vivo serta merek lain yang lebih inferior seperti Doogee dan Zopo yang berencana meluncurkan ponsel Helio X20 di Barcelona.

Seperti yang tertera di gambar teaser (di atas), handset akan dipamerkan mulai tanggal 22 Februari, tepat di hari MWC 2016 dimulai.