Beranda News Era IoT, Rumah Barbie Pun Terintegrasi Internet dan Aplikasi

Era IoT, Rumah Barbie Pun Terintegrasi Internet dan Aplikasi

-

Barbie-Hello-Dreamhouse

Jakarta, Selular.ID – Era di mana seluruh benda di sekitar kita akan terhubung dengan Internet sudah semakin dekat. Lima tahun dari sekarang, tren ini diprediksi akan mencapai puncaknya. Tahun 2020 disebut akan menjadi era IoT, era di mana internet akan menghubungkan semua perangkat, sistem, dan layanan yang digunakan manusia. Bahkan hingga ke mainan anak seperti barbie.

Tahun lalu, Mattel meluncurkan Hello Barbie yang sempat menuai kontra di awal debutnya. Sesuai namanya, boneka canggih buatan perusahaan Mattel ini dibuat layaknya boneka Barbie pada umumnya. Adapun yang membedakan dengan yang lainnya, karena boneka ini dilengkapi dengan WiFi yang bisa terhubung di internet dan kemampuan speech recognition.

Untuk melengkapi Hello Barbie, maka pada tahun ini perusahaan mainan asal Amerika Serika tersebut merakit rumah barbie, bernama Barbie Hello Dreamhouse, yang terintegrasi dengan internet dan aplikasi pendamping.

Konektivitas yang ditawarkan Barbie Hello Dreamhouse adalah memungkinkan rumah dan seisinya untuk menerima perintah suara (voice command) dari anak-anak untuk tugas-tugas mulai dari menghidupkan/mematikan lampu, mengaktifkan oven virtual, hingga mengoperasikan lift. Unik memang, karena rumah Barbie tersebut memiliki Lift. Cara memberikan perintah di rumah Barbie ini mirip sistem kerja Siri di produk Apple.

Misalnya, lampu akan bereaksi terhadap perintah, “Hello, Dreamhouse. Nyalakan lampu kamar.”

Dengan segudang fasilitas serba modern, harga smarthome ala Barbie bisa dilego sebesar USD299 (sekitar Rp3,8 jutaan). Ketersediaan Barbie Hello Dreamhouse diharapkan pada semester kedua tahun ini

Artikel Terbaru