Wednesday, September 18, 2019
Home Apps Obeng, Aplikasi Android Untuk Cari Lokasi Bengkel

Obeng, Aplikasi Android Untuk Cari Lokasi Bengkel

-

obeng

Jakarta, Selular.ID – Satu lagi aplikasi mobile buatan anak bangsa yang meramaikan pasar konten lokal. O-Beng, aplikasi pencari bengkel di seluruh Indonesia, kini bisa Anda andalkan untuk menjadi referensi bengkel terdekat bagi kendaraan, baik roda dua maupun empat.

Adalah Paulus Chandra, yang ikut andil membangun O-Beng (Online Bengkel) dalam naungan PT. Satu Lingkaran Teknologi. Menurut pria ini, latar belakang membuat O-beng karena diawali oleh hobinya dan tim kepada otomotif serta melihat pesatnya pertumbuhan kendaraan seiring dengan bertambah banyaknya bengkel di Indonesia.

PT. Satu Lingkaran Teknologi sebagai perusahaan start up berjumlah tujuh orang yang mempunyai passion yang sama terhadap teknologi memberi solusi kepada pengguna bengkel untuk memudahkan mencari bengkel yang baik di sekitar mereka. Dan juga bagi pemilik bengkel (motor dan mobil) dapat mendaftarkan bengkelnya berikut informasi, foto-foto, dan posisi (lat-long) di maps secara gratis.

Cara kerja Obeng sangat user friendly dan gratis bagi pengguna bengkel dan pemilik bengkel. Bagi pemilik bengkel hanya perlu mendaftarkan bengkelnya lengkap dengan mengisi form (info alamat, telpon, kategori bengkel, foto2 dan posisi di maps) yang tersedia pada aplikasi O-Beng. Lalu setelah data tersebut divalidasi, bengkelnya akan muncul di aplikasi Obeng.

Sementara itu, bagi pengguna bengkel sign up menggunakan akun media sosial mereka lalu tinggal men-klik tombol pilihan bengkel motor atau mobil di sekitar mereka, tersedia juga kolom pencarian bengkel. Pengguna bisa melihat review dari sesama pengguna bengkel sebelum memutuskan bengkel mana yang mereka tuju.

Kelebihan aplikasi ini adalah, semua pemilik bengkel, toko asesoris dan audio, salon mobil, cuci mobil dan motor, toko ban dan semuanya yang berhubungan dengan otomotif di seluruh Indonesia dapat mendaftarkan sendiri bengkelnya dengan mudah tanpa biaya apapun. Dengan banyaknya data bengkel yang terdaftar, pengguna bengkel mempunyai banyak pilihan dan tidak susah lagi mencari bengkel di manapun.

“Intinya, O-Beng tidak membatasi berapa bengkel yang terdeteksi dalam radius 10 kilometer dari tempat si pengguna mencari,” ujar Paulus Chandra, Co-founder, Sales & Marketing Director, PT. Satu Lingkaran Teknologi, saat dihubungi Selular.ID

Selama pengerjaan, O-Beng membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk pengerjaan di Android dan dikerjakan tidak sampai 10 orang. Menurut pengakuan Paul, kesulitan utama selama pengerjaan aplikasi adalah mengumpulkan data bengkel mobil dan motor di seluruh Indonesia walaupun diberi gratis.

“Mungkin karena O-Beng adalah aplikasi pencari bengkel pertama yang mempunyai fitur register bengkel online, sehingga para pemilik bengkel belum begitu mengerti cara kerja dan keuntungannya apabila bengkelnya masuk di dalam list bengkel O-Beng,” pungkasnya

Baru rilis kurang dari seminggu, O-Beng saat ini baru tersedia di Android (dalam status Beta) dan untuk iOS masih dalam pengembangan. Selain fitur pencari bengkel, kedepannya akan ada penambahan fitur menarik lainnya yang belum pernah ada di Indonesia.

Latest