spot_img
BerandaHeadlineReview Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KL): Unggulkan Fitur Laser Autofokus

Review Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KL): Unggulkan Fitur Laser Autofokus

-

Asuz laser (1)

Jakarta, Selular.ID – Laris dipasaran, membuat Asus terus berinovasi untuk menelurkan penerus smartphone seri Zenfone andalannya. Salah satunya adalah Asus Zenfone 2 Laser. Unggulkan fitur laser autofocus pada kamera. Bagimana performa Zenfone 2 Laser ZE500KL? Begikut adalah review lengkapnya.

Kelebihan

  • Laser autofokus
  • Kamera dengan fitur dan pengaturan lengkap
  • ZenUI yang semakin ditingkatkan

Kekurangan

  • Keluaran suara kecil
  • Untuk tipe Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG belum memiliki koneksi 4G/LTE

Desain

Secara umum rancang bangun ZE500KL masih sama dengan konsep dasar keluarga Zenfone yang terlebih dahulu edar. Masih mengadopsi ergonomic arc design, di mana sisi belakangnya cembung menyesuaikan dengan kontur telapak tangan. Produk ini tetap hadir dengan sentuhan elegan khas Asus, dengan tombol multifungsi yang tertanam di bodi belakang. Yang membedakan hanyalah port laser yang terletak disebelah kamera belakang.

Tidak memiliki bentuk semi unibody, backcover Asus Zenfone 2 Laser dapat dibuka dengan mudah. Didalamnya tersedia dua slot kartu berjenis micro SIM dan slot kartu micro SD. Anda juga akan menemukan baterai Zenfone 2 Laser dapat dilepas.

Memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, Zenfone 2 Laser sangat enak digenggam, seperti pada smartphone Zenfone sebelumnya, Asus juga masih mengadopsi concentric circle design khas Zenfone pada bagian bawah smartphone.

Beralih pada bagian depan, Asus membenamkan sensor proximity, ambient light, LED notifikasi, earpiece dan kamera depan 5MP yang ditampilkan diatas layar. Sementara dibawah layar tersemat softkey button yang letaknya dibawah layar. Untuk tombol power tersedia dibagian atas bersebelahan dengan port audio 3.5mm. Sedangkan port USB terletak di bagian bawah.

[nextpage title=”Layar”]

 

 

Layar

Di sektor layar ZE500KL bergaris diagonal 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixels dan kerapatan 294 ppi. Layarnya sendiri berteknologi IPS dan didukung lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 4. Dnegan layar yang dimilikinya kualitas tampilan yang terpancar tergolong bagus, sudut pandangnya juga luas. Asus menyediakan aplikasi Splendid. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengubah tampilan sesuai keinginan pengguna.

InterfacePada paket penjualannya Zenfone 2 Laser berjalan dengan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop, dengan antarmuka ZenUI diatasnya. Tidak hanya itu, Asus juga membenamkan banyak aplikasi bawaan, sebut saja ZenMotion, ZenUI launcher, Themes dan SnapView.

Secara garis besar pada tampulan dan fungsi layar juga tidak berubah dari seri sebelumnya. Untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan layar, cukup lakukan tap dua kali. Pada tampilan lock screen juga tidak banyak berubah, pada tampilan ini masih menampilkan beragam informasi dan shortcut aplikasi serta seluruh notifikasi.

FiturAsus telah menambahkan banyak pilihan tema pada Zenfone 2 Laser, setidaknya ada sekitar 22 tema yang siap digunakan. Anda juga dapat mengubah ukuran dan warna font. Selain itu, bar notifikasi kini tampak lebih bersih, cukup usap sekali maka akan terpampang area notifikasi, dan usap sekali lagi untuk menampilkan beragam akses pengaturan cepat, atau dengan sekali usap menggunakan dua jari.

Fitur2Jika Anda khawatir aplikasi bawaan (bloatware) pada Zenfone 2 Laser akan memakan banyak memori internal dan RAM. Jangan khawatir, Asus menyediakan fitur Auto-start Manager. Jadi pengguna bisa mengatur aplikasi apa saja yang akan di-load oleh sistem, baik itu untuk aplikasi bawaan atau aplikasi yang Anda download.

Untuk slot SIM satu mendukung konektivitas data 3G, sedangkan slot SIM 2 hanya dapat digunakan untuk jaringan 2G untuk sekedar menelepon dan sms. Slot micro SD-nya sendiri mampu menampung kartu memori hingga 128GB.

[nextpage title=”RAM 2GB”]

 

 

RAM 2GB

Masuk dikelas menengah, smartphone ini dibekali spesifikasi hardware cukup bertenaga. Untuk dapur pacunya sudah ditopang prosesor 4 inti berkekuatan 1,2 Ghz. Chipsetnya sendiri menggunakan Snapdragon 410 tipe MSM8916. Sementara Kerja prosesor didukung dengan RAM sebesar 2 GB. Sektor memori tertanam internal 16GB. Jika kurang pengguna dapat menambahkan memori lagi melalui slot micro SD yang mampu menampung kartu memori hingga 128GB.

bechmarkDengan spesifikasi dari dapur pacu yang dimilikinya, Asus Zenfone 2 Laser mampu mendapatkan skor hingga 25 ribuan. Untuk mendukung kemampuan gaming, smartphone ini didukung dengan GPU Adreno 306. Dengan dukungan tersebut pengguna dapat memainkan game sekelas Asphalt8:Airborne dengan lancar tanpa ada masalah.

Sayangnya, Asus Zenfone 2 Laser hanya mengusung baterai Lithium-Polimer yang kapasitas hanya 2400 mAh. Untuk mendukung ketahanan daya, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Smart saving, yang mampu membantu pengguna untuk menghemat baterai. Dengan baterai ini smartphone mampu digunakan hingga 8 Jam penggunaan standart, yakni browsing dan sesekali streaming youtube melalui koneksi Wifi serta memainkan game sekitar 15 menit.

baterai

[nextpage title=”Multimedia”]

 

 

Multimedia

Untuk mendukung fitur multimedia, Asus Zenfone 2 Laser mengintegrasikan aplikasi Mini Movie dan Photo Collage untuk dapat melihat gasil foro dan perekaman video. Sementara, untuk pemutar video bawaan masih minim fitur, karena tak dapat menampilkan subtitle tambahan format srt.

ThemesAsus telah menyediakan fitur musik player yang dapat dikelompokkan berdasarkan albums, artist, songs, genres, composer dan folder. Pada pemutar musik ini, pengguna dapat mengubah equalizer, untuk menyesuaikan output suara. Ada juga Music Mode menggunakan teknologi SonicMaster.

[nextpage title=”Kamera”]

 

 

Kamera

Selain menu hiburan standar smartphone Android pada umumnya, ZE500KL memposisikan fitur imaging sebagai salah satu senjata andalannya. Pada kamera depan Asus masih benamkan kamera PixelMaster 8 megapiksel, Zenfone 2 Laser dibenamkan dibekali kamera dengan aperture f/2.0, 5 element lens dan dual LED flash. Tak hanya beresolusi tinggi, kamera tersebut juga dibekali dengan fitur canggih, salah satunya Laser Autofocus.

Kamera_Untuk mendukung pengalaman fotografi, Asus melengkapi Zenfone 2 dengan cukup banyak mode pengambilan foto. Seperti auto, manual, HDR, beautification, super resolution, low light (2 MP), night, depth of field, effect, selfie, GIF animation, panorama, miniature, time rewind, smart remove, all smiles, slow motion dan time lapse.

Pada Mode Manual pengguna akan mendapatkan fitur tambahan, seperti white balance, exposure value, ISO, dan macro. Asus juga telah menambahkan shutter speed.

Untuk fitur Laser fokus otomatis yang diklaim Asus dapat mempercepat proses fokus bahkan hanya 0,2 detik, fitur ini akan sangat membantu terutama di kondisi minim cahaya. Saat dicoba, penangkapan fokus gambar dapat dilakukan dengan cepat dan hasilnya pun terlihat sangat tajam pada objek yang diambil.

Autostart

Pada kamera depannya beresolusi 5 megapiksel dan dilengkapi 10 modus, yaitu beautification, selfie panorama, auto, night, HDR, effect, low light (1MP), GIF animation, slow motion dan time lapse. Adapun untuk perekaman video, kamera Zenfone 2 Laser dapat merekam video berkualitas Full HD (1920×1080 piksel).

Untuk kualitas foto yang dihasilkan cukup bagus. Sayangnya Zenfone 2 Laser hanya memiliki kamera dengan resolusi 8MP, padahal pada smartphone pesaingnya memiliki resolusi kamera yang lebih tinggi, meski fiturnya masih minim. Hasil yang lebih baik dihasilkan pada kamera depan. Karena foto selfie dapat menghasilkan gambar yang membuat foto wajah menjadi lebih menarik.

[nextpage title=”Konektivitas”]

 

 

Konektivitas

Asus Zenfone 2 Laser mendukung Dual SIM Dual Active. Kedua SIM akan selalu dalam kondisi aktif. Artinya, saat pengguna sedang melakukan panggilan telepon, SIM card lain tetap dapat menerima SMS atau panggilan masuk. Dibekali teknologi dual GSM On, ZE500KL saat diuji mengakses internet, koneksi selular smartphone ini mampu bermanuver dijaringan 4G. Selebihnya fasilitas koneksivitas yang diberikan, tidak berbeda jauh dengan produk lain di level menengah.

internetKoneksi lainnya tersedia pula Wi-Fi, Wi-Fi Direct, hotspot, GPS, Bluetooth, A2DP, EDR, microUSB v2.0, Jack audio 3.5mm.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru