spot_img
BerandaNewsMasyarakat Lebih Suka Melaporkan Banjir Melalui Media Sosial Ketimbang Telepon

Masyarakat Lebih Suka Melaporkan Banjir Melalui Media Sosial Ketimbang Telepon

-

image

Jakarta, Selular.ID – Banjir yang hampir setiap tahun datang menjadi perhatian masyarakat, khususnya warga Jakarta. Ini terlihat dari laporan yang masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)DKI Jakarta, setiap tahunnya.

Bambang Suryo Putro, Kepala Bidang Informatika  dan  Pengendalian BPBD menyebutkan bahwa bencana banjir memang sudah terjadi cukup lama yang terjadi di Jakarta, dan untuk siaga banjir Bambang menyebutkan di rentang waktu mulai 10 Januari hingga 1 Februari, namun Bambang melihat fenomena yang berbeda saat musibah banjir di era media sosial yang hadir di tengah masyarakat.

“Kalau beberapa tahun kebelakang 
Kita bisa menerima puluhan ribu telepon yang masuk selama musibah banjir, kini sekitar 2000 telepon yang masuk selama banjir,’ ujar Bambang.

Menurut Bambang kini masyarakat lebih banyak menginformasikan banjir ke media sosial salah satunya di Twitter. Bambang mengacu pada Twitt tahun 2014, Twett yang masuk ke #BPBD Jakarta mencapai 25 ribuan. Sehingga Bambang cukup antusias ketika PetaJakarta hadir dengan versi terbaru yang disebutkan Bambang lebih detail.

Bambang menambahkan untuk merespon laporan yang masuk ke BPBD waktu yang dibutuhkan adalah 15 menit, namun jika laporan mengalami peningkatan responnya memakan waktu lebih dari 15 menit. Bambang berjanji untuk tanggap banjir secepat mungkin, supaya tidak banyak kerugian yang di tinggalkan.

” Kita akan perbanyak relawan yang sudah difasilitasi smartphone supaya mereka cepat merespon,” ujar Bambang.

Roy Simangunsong Country Business Head Twitter Indonesia membenarkan hal tersebut, kendati tidak menyubutkan jumlah Twett selama musibah banjir, namun setiap ada kejadian atau hal-hal penting ada peningkatan Tweet.

“Itu sudah pasti dan tidak bisa terbantahkan seperti kemarin pilkada twitt yang masuk luar biasa,” pungkas Roy.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru