Monday, August 19, 2019
Home Apps 6 Aplikasi Smartphone Untuk Menghindari Macet

6 Aplikasi Smartphone Untuk Menghindari Macet

-

imagesJakarta, Selular.ID – Macet panjang dan ‘parah’ terjadi saat menjelang liburan panjang di akhir pekan ini. Tentu sangat tidak nyaman jika sudah terjebak di dalam kemacetan. Sebenarnya bisa saja hal itu diantisipasi sebelumnya. Apalagi nanti ketika arus balik liburan. Caranya dengan  memanfaatkan beberapa aplikasi smartphone.

Memungkinkan saja untuk melakukan hal itu. Yaitu dengan sebelumnya mengetahui kondisi jalur yang akan dilalui. Sehingga bisa mengatur strategi untuk menghindari macet. Misalnya dengan mencari jalur alternatif.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa diinstall di smartphone, yang bisa diandalkan untuk membantu terhindar dari kemacetan :

1. Waze
Aplikasi ini tentu sudah sangat familiar. Terutama bagi mereka yang kerap menghadapi kemacetan lalu lintas di jalan. Aplikasi berpenampilan peta digital ini bisa memberikan informasi berbagai kondisi jalan. Seperti situasi kemacetan, kecelakaan, keberadaan polisi dan kondisi jalan lainnya.

IMG_20151225_3434

 

Informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk tampilan grafik pada peta digital. Informasi itu berdasarkan laporan dari pengguna Waze lainnya. Karena berpenampilan peta digital, Waze juga bisa digunakan sebagai navigasi petunjuk arah dalam perjalanan.

2. TMC Polda Metro
Aplikasi ini disediakan oleh Traffic Management Center Ditlantas Polda Metro Jaya. Fungsinya juga menyajikan informasi seputar kondisi jalan secara real time.

IMG_20151225_45642

Aplilakasi ini menyajikan informasi kondisi jalan via pantauan kamera CCTV Korlantas Polri dan Jasa Marga. Tidak hanya itu, juga ditampilkan informasi dari Twitter milik TMC Polda Metro. Di mana aktifitas di jejaring sosial ini terbilang update. Ini membuat informasi yang diberikan terbilang lengkap, seperti kondisi lalu lintas, kecelakaan, demontasi, kebakaran dan lainnya.

3. Lewat Mana
Fungsi aplikasi ini juga untuk memberikan informasi kondisi lalu lintas di berbagai ruas jalan. Salah satu keunggulan aplikasi ini yaitu bisa mengetahui posisi berada dan kemudian bisa menyajikan informasi kondisi lalu lintas di sekitar Anda.

IMG_20151225_53390

Aplikasi ini juga menyediakan informasi dalam bentuk foto dan video CCTV di banyak ruas jalan. Sehingga Anda bisa mengetuai kondisi jalan secara langsung. Tidak hanya itu, ada juga fitur untuk mengetahui lokasi bengkel terdekat dari beberapa merek mobil di banyak kota. Ini tentu bisa membantu jika terjadi masalah dengan kendaraan Anda.

Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu, sosial media-nya yang terbilang aktif. Banyak pengguna jalan yang menginformasikan kondisi jalan via sosmed Lewat Mana, baik Twitter maupun Facebook.

4. Smart Traffic Controller
Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan kemacetan di Indonesia. Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan algoritma khusus untuk mempelajari pola kemacetan di Indonesia dan mengelola kemacetan tersebut.

IMG_20151225_36547

Aplikasi ini bekerja dengan mencegah terjadinya penumpukan kendaraan berlebih di jalur yang sama secara bersamaan yang dapat memicu kemacetan yang dilakukan dalam sebuah algoritma bernama algoritma Smart Traffic Controller.

Rute jalan yang dibentuk oleh aplikasi ini adalah rute yang seoptimum mungkin bebas dari kemacetan. Para pengguna sistem dapat saling membagi informasi terkait kejadian di jalanan yang terjadi, seperti kemacetan ataupun penutupan jalan.

Setiap laporan yang diberikan tersebut akan dievaluasi secara otomatis oleh sistem dan dijadikan bahan untuk proses learning sistem. Selain itu, sistem ini juga akan mempelajari pola-pola kemacetan yang ada dengan memantau pergerakan penggunanya secara real time. Anda dapat mengamati kemacetan yang terjadi disekitar Anda melalui fitur statistik kemacetan yang berada dalam sistem ini.

5. JasaMargaLive
Ini adalah aplikasi yang dibuat oleh Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui kondisi beberapa jalur tol secara real time. Informasi disajikan dalam bentuk teks dan juga tampilan video CCTV pada saat itu juga. Dengan begitu Anda bisa mengetahui di titik mana saja terjadi kemacetan di jalan tol. Sehingga bisa memilih jalur alternatif.

IMG_20151225_0808
6. GIS Hubdat
Aplikasi ini disediakan oleh direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Fungsinya tidak berbeda jauh, menyajikan informasi kondisi lalu lintas, yaitu dalam bentuk video CCTV.

Namun selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi lokasi berbagai point of interest. Seperti lokasi mesjid, restoran, pom bensin, bank, atm, kantor polisi, rumah sakit, bengkel dan lainnya.

IMG_20151225_7319

Latest