Sunday, May 26, 2019
Home News 'Sertifikasi Bodong ZUK, Hanya Puncak Gunung Es'

‘Sertifikasi Bodong ZUK, Hanya Puncak Gunung Es’

-

ZUK Z1

Jakarta, Selular.ID – Kasus penggunaan sertifikasi palsu oleh brand smartphone asal Tiongkok, ZUK, membuat isu tentang peredaran barang haram di industri selular kembali mengemuka.

Sebagai pihak yang membongkar skandal ini, Herry SW, blogger asal Surabaya, menyebutkan bahwa isu produk ilegal sebenarnya sudah jadi rahasia umum. “Bedanya, baru kali ini ada yang ngeklaim garansi resmi, mengadakan acara peluncuran besar-besaran, dan ada konferensi pers segala, tetapi ternyata pakai sertifikat ponsel lain”, ujarnya.

Menurut pria bertubuh subur ini, permasalahan sertifikasi abal- abal bisa jadi modus yang dilakukan oleh brand-brand lain, mengingat pengawasan di bidang ini lemah baik kementrian terkait maupun aparat hukum.

“Praktek pemalsuan yang dilakukan oleh importir ZUK bisa jadi hanya puncak gunung es”, jelas Herry.

Namun dengan terungkapnya praktek kotor ini, Herry berharap menjadi momentum perbaikan bagi aparat untuk lebih mengetatkan aturan yang sudah ditetapkan. Bagi yang terlibat juga diberikan sanksi sesuai ketentuan.

Pihak Kemenkominfo saat ini diketahui tengah mempelajari praktek pemalsuan yang dilakukan ZUK, dan segera berkerjasama dengan Kementrian Perdagangan.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest