Selasa, 21 Mei 2024
Selular.ID -

Mobile Video Ad Lebih Efektif Jangkau Audiens Ketimbang TV

BACA JUGA

image

Jakarta, Selular.ID – Sebelum masuk ke era serba mobile, televisi sempat menjadi media pemasaran efektif dengan unsur audio-visual yang marak digunakan oleh pemasar untuk membidik para konsumennya. Namun trend pemasaran via TV kini mulai bergeser ke perangkat yang dianggap lebih mobilitas.

Tingginya jumlah pengguna internet yang mengakses web melalui perangkat mobile, dan tingginya persentase pengguna aktif, Indonesia merupakan salah satu pasar potensial terbesar di Asia tenggara bagi marketers.

“Tidak ada (produk) yang dapat membawa Anda lebih dekat dengan konsumen dibandingkan dengan sebuah perangkat mobile,”kata Rohit Dadwal, Managing Director, Mobile Marketing Association, Asia Pasifik, di sela-sela pembukaan acara Mobile Marketing Association (MMA) Forum 2015 di Ritz Carlton, Jakarta (15/10/2015).

Rohit mengungkap, bahwa konsumen di Indonesia menjadi semakin nyaman dengan mengonsumsi konten mobile dan hal ini merupakan peluang baru bagi para vendor untuk memasarkan produknya ke seluruh negeri. Terlebih, pertumbuhan pasar mobile di Indonesia yang meningkat pesat di beberapa tahun terakhir menjadi lahan yang potensial untuk mengenalkan sebuah brand secara lebih personal sesuai kebutuhan dan kebiasaan para pengguna perangkat mobile.

Ia membandingkan bagaimana sebuah tayangan video yang sama namun diputar di dua medium berbeda, dapat mempengaruhi pengeluaran untuk jatah iklan suatu brand. Bila memanfaatkan mobile marketing, Rohit menjamin akan bisa jualan secara efektif (4.5:1) sekaligus murah untuk meningkatkan return on investment (ROI).

“Betapa kuatnya pengaruh mobile dan achieve yang telah diraih,” ujar Rohit.

Namun, tantangan utama untuk memanfaatkan potensi perangkat mobile sebagai cara pemasaran yang efektif adalah kreativitas brand memanfaatkan fitur yang canggih di perangkat mobile seperti UI (user interface) untuk makin menarik minat konsumen.

Dengan kreativitas tinggi, hubungan yang lebih personal antara brand dan konsumen, serta segmentasi yang lebih tepat sesuai kebiasaan online para pengguna perangkat mobile, tak diragukan jika mobile marketing bakal menjadi cara pemasaran yang efektif untuk para brand mendekatkan diri ke konsumen secara lebih personal.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU