Beranda News Menyusuri Sinyal Telkomsel di Pulau Sebatik

Menyusuri Sinyal Telkomsel di Pulau Sebatik

-

image

Sebatik, Selular.ID – Sebagai operator seluler, Telkomsel terbilang paling getol membangun jaringan. Bukan hanya di daerah perkotaan yang secara ekonomis memang dibutuhkan tetapi juga di daerah perbatasan yang sulit dijangkau dan skala ekonomisnya pun tidak menguntungkan. Pulau Sebatik salah satunya.

Pulau Sebatik adalah sebuah pulau di sebelah timur laut Kalimantan. Pulau ini secara administratif merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Utara, berada di kabupaten Nunuka. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar yang menjadi prioritas utama pembangunan karena perbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

Untuk bisa sampai ke Pulau ini redaksi Selular.ID harus menggunakan tiga kali penerbangan yaitu dari Jakarta ke Balikpapan, Balikpapan menuju Tarakan dan Dari Tarakan ke Nunukan. Setelah itu perjalanan harus dilakukan menggunakan speedboat untuk menuju pulau tersebut.

Di Sebatik ini sinyal Telkomsel sangat dominan dengan kualitas 3G sementara Indosat hanya terdeteksi berada di jaringan 2G dan XL Axiata tidak terdeteksi sama sekali jaringannya.

Sepanjang perjalanan, aktivitas bersosial media yang dilakukan redaksi terbilang lancar. Di daerah Sei Batang pengukuran sempat dilakukan. Dari hasil pengukuran didpatkan sinyal kualitas 3G dengan kecepatan download 8,92Mbps dan upload 1,41Mbps

image

Perjalanan kembali dilanjutkan, medan berbukit dan jalan berliku menjadi satu-satunya jalur yang harus dilalui. Tiba di daerah Sei Taiwan redaksi kembali melakukan pengujian jaringan. Kecepatan yang dihasilkan dari pengukuran tidak jauh berbeda. Kali ini kecepatan download yang dihasilkan sebesar 5Mbps.

image

Sebagai informasi, di Pulau Sebatik ini menurut keterangan yang diberikan oleh Mas’ud Khamid, Direktur Sales Telkomsel, operator yang terkenal paling Indonesia ini memiliki 30 BTS, dimana 10 diantaranya adalah BTS 3G.

Artikel Terbaru