BerandaNewsE-CommerceCustomer Service Turut Andil Jadi Kunci Sukses E-commerce

Customer Service Turut Andil Jadi Kunci Sukses E-commerce

-

Ilustrasi customer service
Ilustrasi customer service

Jakarta, Selular.ID – Peran customer service atau yang biasa disingkat CS, begitu penting dalam sebuah bisnis. Divisi layanan konsumen ini menjadi garda terdepan dalam suatu perusahaan untuk melayani pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan, termasuk pada industri e-commerce.

Melalui CS, perusahaan e-commerce bisa merespon segala keluhan atau pertanyaan, memberikan pengalaman, serta membangun kepercayaan customer untuk mengikat mereka menjadi loyal customer. Loyalitas pelanggan tentunya menjadi hal yang sangat penting mengingat perpindahan konsumen dari satu website e-commerce ke website lain sangat mungkin terjadi, mengingat sudah banyak situs belanja online yang hadir di pasar Indonesia.

Bahkan, perusahaan e-commerce sebesar EzyTravel.co.id dan BukaLapak.com saja mengaku terus kekurangan tenaga pelayanan konsumen. Padahal, semula mereka mengganggap bahwa startup berbasis teknologi biasanya hanya merekrut belasan pekerja saja, yang sudah mencakup seluruh bidang.

“Sebagian besar workforce EzyTravel adalah customer service,” kata Doddy Lukito, CTO EzyTravel.com, kepada Selular.ID saat ditemui di forum bulanan MarkPlus Center Economy & Business, Jakarta (30/7/2015).

Kasus serupa juga dirasakan oleh situs marketplace BukaLapak.com. Yusi H. Obon, Head of Communication BukaLapak.com, mengatakan bahwa perusahaan sempat kelimpungan menangani serbuan panggilan dari konsumen, dengan berbagai kepentingan. “Call center sangat penting, anehnya (pegawai) selalu kurang,” timpal Yusi, di sela-sela acara yang sama.

Bagi pelaku industri e-commerce, sedapat mungkin mereka harus menerima keluhan langsung dari konsumen, setidaknya melalui panggilan telepon atau email. Ini untuk meredam isu (misalkan keluhan atau kritik) bisa menyebar lebih luas melalui media sosial.

Habitual-nya, orang salah sedikit ngeluh di sosial media. Setelah itu, muncul komentar berantai,” pungkas Yusi.

Artikel Terbaru