Penggunaan TIK Permudah Pengelolaan Aset Negara

menkeu-bambangJakarta, Selular.ID – Pengelolaan kekayaan negara bukanlah tugas yang mudah. Tanggung jawab menjaga kekayaan negara tidak hanya dari dimensi tata kelola, penatausahaan dan pertanggungjawabannya, tetapi juga kepastian akan manfaat terbaik dan teroptimal yang dapat diperoleh dalam pengelolaan kekayaan negara tersebut. oleh karena itu diperlukan campur tangan teknologi terutama Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mengelolanya.

“Peran TIK tentunya sangat signifikan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan barang milik negara (BMN) dan kekayaan negara lainnya. Pengelolaan BMN yang strategis seyogyanya mampu mengintegrasikan aspek hulu perencanaan BMN, penganggaran, pengelolaan, hingga pertanggungjawabannya,” kata Bambang P.S. Brodjonegoro, Menteri Keuangan RI,  saat peluncuran aplikasi Sistem Informasi Manajeman Aset Negara (SIMAN) Kamis (20/7).

Menurut Bambang, sebagai sebuah aplikasi, SIMAN akan mendukung proses BMN, mulai dari perencanaan, penggunaan, pemanfaatan, pemeliharaan, penatausahaan, penghapusan, hingga pemindahtanganan asset negara berbasis internet yang dapat diakses oleh Pengelola dan Pengguna.

SIMAN mengintegrasikan proses pengelolaan BMN ke dalam satu sistem. Selain itu, SIMAN juga memberikan data BMN untuk kebutuhan manajemen asset hingga pengelolaan BMN dapat dipantau secara online oleh pengguna maupun pengelola.

Dengan aplikasi SIMAN Menkeu berharap proses pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) menjadi lebih cepat, efisien, dan terdokumentasi secara digital.(Ind)