BerandaNewsPenjualan Perangkat Laptop Sekaligus Tablet Melonjak

Penjualan Perangkat Laptop Sekaligus Tablet Melonjak

-

Ilustrasi perangkat hibrida
Ilustrasi perangkat hibrida

Jakarta, Selular.ID – Di era digitalisasi, banyak orang yang sudah terbiasa menggunakan beberapa perangkat untuk tugas yang berbeda. Ponsel tidak lagi hanya untuk telepon dan kirim pesan teks saja. Dengan sentuhan teknologi pintar, fitur-fitur ponsel kini dimanfaatkan untuk memotret gambar kualitas tinggi, menonton video HD, browsing internet, update status di jejaring sosial, dan sebagainya. Seperti di smartphone, beragam aktivitas ini juga menjalar hingga ke tablet. Sudah banyak tablet yang mengadopsi fitur telefoni.

Berangkat pada tren di atas, tak pelak membuat industri komputer dekstop sempat kelabakan. Penjualan laptop dan dekstop terus turun, membuat para produsen personal computer (PC) harus beradaptasi dengan tren mobile agar menghasilkan sebuah produk yang dapat mengakomodasi kebutuhan komputasi sekaligus mendukung mobilitas pengguna.

Sejak awal tahun 2012, produsen PC mulai memperkenalkan jenis tablet hybrid yang memiliki kemampuan komputasi mumpuni yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna aktif. Display laptop dapat dilepas menjadi sebuah tablet, atau perangkat layar besar yang mempunyai celah dibelakang sehingga bisa copot pasang menjadi smartphone dan tablet. Misalnya, pada lini perangkat Asus Padfone.

Sepanjang tahun 2015, penjualan perangkat hibrida tersebut diprediksi akan meningkat. Berdasarkan laporan dari lembaga riset Gartner, penjualan hybrid devices bakal melonjak sebesar 77 persen, dengan total penjualan mencapai 13.5 juta unit. Ini berarti penjualan perangkat hibrida belum berhenti tumbuh sejak 2012, dengan total 12.6 juta unit pada tahun 2014, dan diperkirakan akan mencapai 58 juta unit di 2019.

Gartner mengatakan bahwa Asus akan terus memimpin pasar ini karena telah berhasil mengirimkan sebanyak 3.1 juta perangkat hibrida tahun lalu. Lebih lanjut dijelaskan, popularitas perangkat hybrid akan semakin didukung dengan banyaknya brand yang merilis produk jenis ini.

Artikel Terbaru