Tuesday, June 18, 2019
Home News Berkat Teknologi, Tren E-book di Indonesia Akan Tinggi

Berkat Teknologi, Tren E-book di Indonesia Akan Tinggi

-

Stanley Octavian, Managing Director LIVI, saat meluncurkan aplikasi e-book reader (foto: Choi/Selular)
Stanley Octavian, Managing Director LIVI, saat meluncurkan aplikasi e-book reader (foto: Choi/Selular)

Jakarta, Selular.ID – Industri buku elektronik atau e-book terus bertumbuh dan akan terus bertambah seiring dengan menjamurnya layanan e-book reader. Pasar e-book Amerika Serikat menjadi salah satu penyumbang total penjualan tertinggi di dunia. Bahkan dalam dua tahun mendatang, volume penjualan e-book di Negeri Paman Sam itu benar-benar akan mengambil alih buku bersampul.

Lebih dari sekadar memuat konten bacaan, E-book juga menyajikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, movie, yang membuatnya lebih digemari ketimbang buku konvensional. Menurut analisa Stanley Octavian, Managing Director LIVI Indonesia, orang yang biasa membaca buku digital akan lebih banyak melahap buku selama satu tahun daripada buku print.

“Setiap orang selesai membaca e-book, mereka tinggal cari buku digital lainnya. Begitu efisien dan praktis,” ujar Stanley kepada Selular.ID

Hingga saat ini industri buku elektronik di seluruh penjuru dunia belumlah semapan buku konvensional, meski penjualan e-book di Amerika Serikat menunjukkan keunggulan dibandingkan buku cetak. Kendati kebiasaan membaca pada masyarakat umum Indonesia bisa dibilang rendah, namun potensi pasar e-book diprediksi bakal tinggi. Ini karena tren membaca buku telah berubah seiring dengan perubahan teknologi. Buku digital merupakan salah satu tren bacaan pengguna smartphone saat ini.

Tren positif ini ternyata mampu membawa jaringan penerbit dan penyedia jasa buku elektronik yang dulunya seringkali kurang responsif terhadap pembeli kini mulai menunjukkan keseriusannya. Untuk memperkenalkan teknologi e-book ke masyarakat, beberapa pengusaha mencoba menggabungkan buku elektronik dengan bisnis toko buku di Internet, meniru Amazon.

Industri e-book lokal sendiri baru kedatangan LIVI, sebuah startup yang mulai menggarap aplikasi e-book reader LIVI sejak setahun silam. Setelah melewati satu bulan testing, saat ini LIVI app sudah bisa ditemukan di Google Play Store. Misi LIVI adalah ingin menjadikan membaca e-book sebagai gaya hidup yang mainstream bagi pengguna lokal. Di samping memuat konten lokal, LIVI juga memakai distribusi dan pembayaran lokal.

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest