Friday, July 19, 2019
Home News Menkominfo Bakal Fasilitasi OTT Lokal

Menkominfo Bakal Fasilitasi OTT Lokal

-

IMG_20150610_124142Jakarta, Selular.ID – Untuk menumbuhkembangkan Over the Top (OTT) lokal, Kementrian Kominfo menyatakan akan mendukung penuh perkembangannya di Indonesia agar dapat bersaing dengan OTT global.

Dukungan tersebut dimaksudkan agar layanan digital berbasis internet ini tidak didominasi pemain global dengan demikian benefit yang diterima akan ttap ada di Indonesia.

Untuk mendukung OTT lokal ini, Rudiantara, Menkominfo RI menyatakan akan memfasilitasinya untuk bertemu dengan operator. “Hal ini dilakukan untuk mendorong OTT lokal dapat bersaing dengan OTT global,” ujar Rudiantara sesaat setelah membuka pameran Indonesia Cellular Show (ICS) 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu, (10/6/2015).

Dalam fasilitasi yang dilakukan oleh Kominfo kepada OTT lokal dan operator akan membicarakan model bisnis yang tepat. “Ini harus segra dilakukan, operator juga harus menyiapkan model bisnisnya,” tambah Rudiantara.

Rudiantara berharap dalam waktu dua sampai tiga tahun ke depan, OTT lokal sudah bisa memiliki pelanggan 20-30 juta pelanggan. Dengan jumlah tersebut OTT lokal sudah mempunyai skala ekonomis.

Seperti diiketahui, OTT ini merupakan layanan yang berjalan diatas jaringan operator tanpa adanya ikatan kerjasama. Maka tak heran, Facebook, Twitter, atau WhatsApp keuntungan perusahaanya lebih besar ketimbang para operator. Kerjasama OTT lokal dan operator ini agar dapat menguntungkan perekonomian Indonesia.

Rudiantara juga menyampaikan pihaknya sudah mengantongi nama-nama OTT Lokal sekitar lima atau enam untuk didorong agar bisa bekerjasama dengan para operator telekomunikasi.

Latest