Thursday, August 22, 2019
Home Insight Kecepatan Jaringan Bisa Capai 20 Gbps, Bagaimana Definisi 5G?

Kecepatan Jaringan Bisa Capai 20 Gbps, Bagaimana Definisi 5G?

-

5g-ilustrasiKecepatan 4G LTE saja belum bisa dirasakan secara merata di beberapa Negara, termasuk Indonesia. Kini arah pembicaraan sudah mulai menyinggung soal kecepatan teknologi jaringan generasi berikutnya, yakni 5G.

Meskipun teknologi 5G belum akan digelar hingga tahun 2020, sebuah lembaga bernama International Telecommunication Union (ITU) baru-baru ini mengungkapkan jenis kecepatan seperti apa yang masuk kategori 5G.

Menurut informasi lansiran The Korea Times, 5G akan didefinisikan sebagai sebuah jaringan ‘berkemampuan untuk mentransmisikan data pada lebih dari 20 gigabits-per-second’, kecepatan yang akan memungkinkan pengguna untuk mendownload film HD hanya dalam beberapa detik saja.

Sebagai pembanding, puncak kecepatan 4G disebut menyentuh angka 150 Mbps, kecepatan ini pun tidak dinikmati oleh kebanyakan pengguna. Adapun 5G disebut akan memiliki kapasitas lebih dari 100 Mbps data rata-rata untuk satu juta juga perangkat Internet of Things (IOT) dengan cakupan 1 KM persegi. “Jaringan 5G juga akan memiliki sebuah kapasitas untuk menyediakan lebih dari 100 Mbps transmisi data rata-rata untuk lebih dari satu juta perangkat IOT berjarak 1 KM persegi,” tulis The Korea Times dalam laporannya.

Sebelum digelar secara komersil pada tahun 2020, tentu masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat 5G tidak hanya menjadi sekedar ide. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi adalah standardisasi 5G sendiri.

Korea, seperti dikatakan oleh seorang pejabat di Kementerian Science, ICT and Future Planning, bakal siap mendemonstrasikan teknologi 5G pada Olimpiade PyeongChang 2018 nanti. “Kami akan mempercepat pengembangan teknologi jaringan 5G untuk merefleksikan standar global kami sendiri. Untuk melakukannya, kami akan menampilkan sebuah contoh kesuksesan pada Olimpiade PyeongChang 2018 nanti,” kata pejabat tadi.(Ind)

Latest