Selasa, 28 Mei 2024
Selular.ID -

Hardyana Syintawati: TKDN di Ericsson Sangat Tinggi

BACA JUGA

Hardyana Syintawati, VP Marketing & Communication Ericsson
Hardyana Syintawati, VP Marketing & Communication Ericsson

Jakarta, Selular.ID – Di Indonesia, bisnis Ericsson dimulai sejak tahun 1907. Ini berarti perusahaan asal Swedia ini sudah beroperasi selama satu abad lebih, tepatnya selama 108 tahun. Tidak banyak perusahaan yang mampu bertahan dalam kurun waktu tersebut.

Ketika ditanya apa yang membuat perusahaan ini mampu bertahan selama itu di Indonesia, Hardyana Syintawati, VP Marketing & Communication Ericsson mengatakan bahwa kemungkinan terbesarnya adalah karena budaya yang dijunjungnya. “Di sini Ericsson sangat Indonesia sekali. Tiap kali meeting besar sebagai pembukaan kami selalu menyanyikan Indonesia Raya,” jelas perempuan yang akrab disapa Nana ini.

Dengan menyanyikan lagu kebangsaan tersebut menurut Nana menimbulkan rasa bangga tersendiri bagi para karyawan. Pejabat Asing yang ada di Ericsson pun tidak pernah memaksakan budaya asalnya untuk diikuti oleh para pekerja Indonesia. Di beberapa peusahaanasing yang beroperasi di Indonesia memang kerap kali mengharuskan karyawannya untuk mengikuti budaya asal perusahaan tersebut.

Namun menurut Nana kondisi itu tidak terjadi di Ericsson. Budaya lokal yang baik di mana Ericsson berada tetap dipertahankan. Local wisdom sangat diperhatikan oleh vendor jaringan terbesar di Indonesia ini.

Selain itu Nana menambahkan bahwa jumlah pekerja asing yang ada di Ericsson hanya ada empat belas orang di level manajemen. “Jadi bisa dibilang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Ericsson cukup tinggi,”ucapnya sambil berseloroh.

Nana juga sempat menceritakan pengalamannya selama berkarir di Ericsson yang sudah menjalani masa kerja belasan tahun. Sebelumnya hijrah, Nana berkarir di perusahaan sejenis yang menjadi competitor Ericsson. Pada awalnya Nana sempat berpikir hanya akan menjalani karirnya di Ericsson hanya beberapa tahun saja untuk menimba ilmu.

Tetapi nama besar Ericsson rupanya mampu membuat dirinya bertahan hingga saat ini. Bahkan karirnya pun cukup cemerlang, berawal menjadi seorang Account Manager kini jabatan Vice President  sudah diembannya.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU