BerandaNewsMahasiswa ITB Jadi Jawara Ericsson Smartnovation Hackaton Indonesia

Mahasiswa ITB Jadi Jawara Ericsson Smartnovation Hackaton Indonesia

-

IMG_20170523_120931Jakarta, Selular.ID – Setelah selama lebih dari 20 jam bersaing memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami perkotaan besar di Indonesia dalam Ericsson Smartnovation Hackaton Indonesia 2017, Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) akhirnya keluar sebagai jawaranya.

Para mahasiswa ITB ini menawarkan solusi transportasi publik yang nyaman baik bagi penumpang maupun pengemudi dalam sebuah aplikasi mobile passenger-driver monitoring system.

Atika Rahmawatiputri, salah seorang anggota tim dari ITB mengatakan bahwa solusi yang ditawarkannya ini didasari dari masih minimnya jumlah masyarakat yang menggunakan layanan transportasi publik.

“Dari data yang ada hanya 15 persen sajaasyarakat yang menggunakan transportasi publik. Ketidaknyamanan menjadi salah satu faktor utamanya,” kata Atika.

Ketidaknyamanan itu dikatakannya bisa disebabkan oleh banyak hal seperti lamanya waktu tunggu kedatangan ataupun tarif yang tidak konsisten.

Oleh karena itu timnya membuat solusi yang akan memberikan kenyamanan tidak hanya untuk penumpang melainkan juga si pengemudi.

“Dengan aplikasi ini pengemudi bisa mendapatkan penumpang potensial dan mengetahui dimana keberadaannya,” jrlas Atika.

Dalam komoetisi yang digelar dalam rangka memperingati 110 tahunnya Ericsson diikuti sebanyak 60 mahasiswa dari beberapa universitaa seperti Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Telkom University dan ITB yang mengangkat topik tentang smart city.

Artikel Terbaru