spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapOnePlus One: Pendatang Baru, Performa Berani Diadu

OnePlus One: Pendatang Baru, Performa Berani Diadu

-

OnePlus-OneHanya butuh 6 bulan, vendor yang didirikan oleh mantan petinggi Oppo ini langsung melejit menjadi salah satu pesaing vendor besar yang banyak meluncurkan ponsel andalan di dunia. Mirip Xiaomi, OnePlus One mengunggulkan ponsel dengan harga terjangkau namun spesifikasi yang gahar, hal ini terlihat pada produk pertamanya OnePlus One.

Ponsel yang dibanderol dengan harga 4,5 juta ini dibekali layar Full HD 1080p, prosesor Quad-core 2.5 GHz, RAM 3 GB, pilihan memori internal 16 dan 64 GB. Di Indonesia, OnePlus One dijual ekslusif di situs e-commerce Lazada. Bagaimana kinerjanya? Berikut adalah testnya.

[quote_box_center]Kelebihan:
–    Desain keren dan anti mainstream
–    Kamera depan 5 MP
–    Interface bagus
Kekurangan:
–    Tanpa dibekali FM Radio
–    Bodi bongsor

[/quote_box_center]

Desain
OnePlus One memiliki desain yang simpel dan sederhana. Pengguna bahkan tidak akan menemukan satu tombol pun pada saat ponsel tidak aktif. Karena tombol kapasitif di bawah layar baru terlihat jika layar aktif. Terdapat akses frame berwarna silver disekeliling ponsel sedangkan panel depan seperti menjorok keluar untuk memberikan kesan yang elegan sekaligus kuat. Meski dibangun seperti ponsel unibody, namun OnePlus One ternyata penutup belakang ponsel dapat dibuka, untuk mengganti baterai juga diperlukan.

Memiliki dua pilihan warna Silk White dan Sandstone Black. Unit yang diuji Selular.ID adalah Sandstone Black. Uniknya pada warna ini adalah pada panel backcover OnePlus melapisinya dengan plastik matte yang sehingga membuat ponsel tidak mudah licin. Namun sayang, secara tampilan ponsel ini jadi terkesan seperti batu asahan alias amplas. Pada panel ini anda juga bisa menemukan logo OnePlus yang menjorok kedalam dengan lapisan yang halus.

DesainOnePlus One dibentuk dengan sisi yang tajam. Meski sudutnya agak dihilangkan namun kesan tajam karena akses frame berwarna chrome membuat ponsel terlihat kaku dan kurang ergonomis. Hal ini dibuktikan saat Selular.ID menggunakannya dengan satu tangan, dimana sudutnya terasa masih tajam saat mengoperasikan dengan satu tangan.

Selain tombol kapasitif dibawah layar, OnePlus menyediakan tombol power disebelah kanan dan tombol volume di sebelah kiri bersama dengan slot SIM card yang hampir tidak terlihat. Untuk posisi port tersedia dibagian atas dan bawah ponsel masing-masing adalah port 3.5mm di bagian atas dan port microUSB di bagian bawah.

Layar
OnePlus One menggunakan panel LTPS (Low Temperature Polysilicone) LCD capacitive touchscreen, LCD, yang tidak akan menghasilkan panas berlebih walau dalam tingkat kecerahan yang tajam untuk jangka waktu yang lama. Dibenamkan juga teknologi IPS yang membuat sudut pandang lebih luas, dan masih nyanman dillihat dari berbagai sudut. Lebih dari itu untuk melindungi layar dari goresan OnePlus juga melapisinya dengan Gorillas Glass 3.

Hadir dengan layar berukuran 5.5 inci membuat ponsel ini dapat dikategorikan sebagai sebuah phablet. Kerennya lagi OnePlus masih memasukan layarnya dengan kualitas 16M warna  dan resolusi Full HD 1080×1920 pixels. Memiliki kerapatan piksel 401 ppi menambah layar menjadi lebih tajam dan jelas. Tidak hanya jelas layar yang mendukung 10 sentuhan ini sangat responsif.

Dengan tampilan ini mambuat antarmuka OnePlus One tidak sama dengan ponsel Android standard lainnya. Salah satu yang paling kentar adalah tampilan lockscreen. Untuk membuka lockscreen pengguna harus men-swipe dari tengan ke bawah, sehingga layar bergesar ke bawan dan membuka kunci layar.

Tidak hanya itu, pengguna OnePlus One juga bisa langsung mangakses kamera dari layar lockscreen dengan menggeser layar dari kanan kekiri. Ada lagi fitur Privacy Guard untuk melindungi privasi penggunanya dari akses aplikasi tertentu dan juga fitur Secure Messaging antar pengguna

Menuju ke Homescreen-nya, ponsel ini menampilkan tampilan yang hampir mirip dengan antarmuka milik Android, yakni empat tombol dengan satu tombol untuk menuju app drawer. Di dalam app drawer ponsel ini selain dapat menampilkan aplikasi, pengguna juga membuka widget yang tesedia.

INterfaceUniknya, jika pengguna tidak ingin menggunakan tombol kapasitif, maka pengguna ponsel ini juga mengganti tombol tersebut dengan tombol virtual dilayar seperti ponsel Nexus. Untuk mengaktifkannya pengguna tinggal bisa mengaktifkan melalui menu Settings>buttons Enable On-Screes Nav Bar.

Seperti pada Android lain untuk panel notifikasi masih terdapat dibagian atas selain panel notifikasi terdapat pula pengaturan koneksi dan lainnya. Pada panel ini pengguna juga sekaligus bisa menonaktifkan beberapa aplikasi yang sedang berjalan.

Antarmuka dari One Plus One memungkinkan pengguna untuk dapat menyesuaikan tampilan sesuai keinginan,  caranya tinggal menekan tombol menu. Dari menu ini pengguna dapat mengganti wallpaper, widget dan themes. Lebih jauh lagi pada menu themes pengguna bisa menemukan pilihan beberapa kostumisasi lainnya seperti mengganti tema, mengubah font, mengubah wallpaper lockscreen.

Masih ada fungsi Gesture Control yang memungkinkan pengguna untuk secara cepat membuka aplikasi atau menjalankan fungsi lain secara langsung saat layar terkunci dengan menggambar pola tertentu.

Kamera
OnePlus membekali OnePlus One dengan dukungan resolusi kamera 13 MP dari Sony Exmor IMX214 dan lampu LED, yang didukung dengan aperture f/2.0. Untuk kamera depan tersedia resolusi 5 MP dengan sudut pengambilan mencapai 80 derajat.

Dengan kamera yang dimilikinya ponsel ini mampu menghasilkan foto yang cukup baik, meski masih ada sedikit noise pada pencahayaan yang kurang.  Pada pengambilan kamera depan sudut pengambilan yang lebih luas.

KameraInterface kamera pada OnePlus One lebih simple. Namun begitu, mereka masih membekalinya dengan segudang fitur menarik. Beberapa diantaranya adalah kamera HDR dan Video dapat diakses dengan mengubahnya dari tampilan kamera menggunakan switcher yang tersedia. Di sebelah kanan ada tampilan awal kamera tersedia pilihan setting, mode pengaturan pengambilan gambar, pengatur flash dan juga camera switcher.

Menggeserkan tampilan kamera dari atas ke bawah kita bisa memilih mode pengambilan gambar yang tersedia, seperti Auto, Smart Scene, Beauty Mode, Action dan lainnya. Dan jika menggeser ke kiri akan langsung menuju galeri.

Untuk perekaman video, OnePlus One menawarkan kemampuan merekam video yang sangat mumpuni, yakni 4K UHD 2160p (3840x2160p) dengan kecepatan perekaman 30 fps. Perekaman dapat diatur dengan mode slow motion.

Hasil Foto:

IMG_20150421_074917
IMG_20150421_074934
IMG_20150421_074946Multimedia
Untuk pemutar musik di OnePlus One menggunakan Play Music milik Google. Play Music menyediakan tampilan Listen Now, My Library dan Playlists. Di My Library, pengguna bisa mengurutkan lagu berdasarkan Genre, Artist, Album dan Songs. Pemutar suaranya didukung juga oleh aplikasi AudioFX yang ditanamkan di OnePlus One. Dengan AudioFX, pengguna dapat mengatur suara yang dihasilkan oleh OnePlus One dengan beberapa preset 12 preset tyang tersedia atau meng-custom seperti yang diinginkan.

MultimediaSedangkan untuk memutar Video pengguna dapat melakukannya melalui Gallery. Gallery akan mengurutkan file gambar dan video berdasarkan Moment, Album dan Media.

Konektivitas
Tidak seperti ponsel lain yang sudah menggunakan dua slot SIM card, One Plus One hanya menggunakan single slot SIM. Memiliki koneksi yang telah mendukung LTE Cat4 untuk berjalan di jaringan 4G dengan kecepatan download hingga 150 Mbps dan kecepatan upload hingga 50 Mbps. Jika tidak terhubung pada jaringan ini, ponsel masih dapat menggunakan 3G/HSDPA.

InternetUntuk internetan penggunanya juga masih dapat menggunakan koneksi wifi dan kemampuan tethering. Selain itu, Oneplus One dilengkapi dengan dukungan Bluetooth 4.1 dan NFC.

Selain itu, OnePlus One juga mendukung fungsi USB untuk mengakses perangkat di PC dan juga mendukung fungsi USB On-the-go.

Kinerja
Sebagai smartphone flagship, OnePlus One hadir dengan spesifikasi yang sangat mumpuni. Ponsel dengan dukungan chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 801 diperkuat dengan kekuatan Quadcore 2.5 GHz. Didukung dengan RAM 3GB. OnePlus One sudah pasti mampu melakukan fungsi multitasking dan membuat membuat aplikasi yang dijalankan menjadi lebih ringan.

HardwareDengan hardware yang dimilikinya, OnePlus One mampu mendapatkan skor dengan sekitar 48ribu-an dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark. Dengan kemampuan ini OnePlus One juga masih nyaman untuk bermain game HD seperti Modern Combat 5:Blackout.

OnePlus membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 3100 mAh. Dengan baterai yang dimilikinya, ponsel ini masih awet sehirian dalam penggunaan standard, baik untuk chatting, browsing dan menelpon sesekali.

Tertarik memiliki smartphone canggih ini? OnePlus One bisa Anda beli melalui situs Lazada Indonesia.

 

 

 

Artikel Terbaru