Sony-Xperia-Z4-official-3Jakarta, Selular.ID – Sony Mobile baru saja mengumumkan secara resmi flagship tahun ini, Xperia Z4. Dalam siaran media dikatakan Sony Xperia Z4 menampilkan layar lebar 5,2 inci Full HD resolusi 1080 x 1920. Ponsel ditopang chipset 64-bit Snapdragon 810 dengan prosesor delapan inti speed 2GHz. Besaran RAM 3GB dipadu phone storage 32GB. Bagi yang memerlukan ruang penyimpanan lebih besar, Sony menyediakan slot microSD yang mampu membaca kartu memori eksternal sampai 128GB. Senjata kamera utama di bagian belakang berkekuatan 20,7MP dengan lensa wide angle. Juga tersedia kamera di atas layar berresolusi 5MP untuk keperluan selfie dan video chat. Untuk menyuplai energi, Sony menyematkan baterai kapasitas 2930mAh, dan sudah mengadopsi Android 5.0.

Sony Xperia Z4 akan tersedia dalam balutan warna Putih, Hitam, Copper, dan Aqua Green. Handset sudah mengantongi sertifikat IP6 untuk kemampuannya menahan debu dan IP5 dan IP8 untuk ketangguhannya terhadap air. Artinya, handset Xperia Z4 sudah terlindungi dari cipratan air dari segala arah, juga bisa “diajak” menyelam selama 30 menit dengan kedalaman 1,5 meter.

Sony mengatakan flagship terbarunya ini memiliki ketebalan 6,9mm dan bobot 144 gram, dengan konstruksi bingkai logam. Berarti, handset ini lebih pipih 0,4mm dan lebih enteng 8 gram dari flagship sebelumnya. Dikatakan, frame metalnya melalui proses khusus agar terlihat lebih bersinar. Juga, tersedia menu “cooking mode” pada kamera utama, sehingga bisa membantu penguna memotret makanan agar terlihat lebih lezat.

Sejumlah aksesoris untuk Xperia Z4 juga diumumkan, termasuk Cover Window tahan-air, yang menyuguhkan informasi terpenting di layar sambil melindungi handset. Cover ini juga akan tersedia dalam aneka warna yang sama dengan ponsel, seharga $59 atau sekitar Rp630.000. Juga ada aksesoris desktop holder, yang bisa menopang ponsel dengan tegak sambil mengisi ulang daya.

Sony Xperia Z4 akan tersedia di Jepang pada musim panas ini. Sayangnya, belum ada kisaran harga yang disampaikan. Belum ada pengumuman terkait waktu peluncuran global untuk flagship-nya ke beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia. (bda)