Beranda News Telco Maluku Jadi Cluster Pertama Yang Akan Ditata

Maluku Jadi Cluster Pertama Yang Akan Ditata

-

penataanJakarta, Selular.ID – Dalam penataan frekuensi 1800Mhz, Muhammad Budi Setiawan, Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kominfo sesaat setelah penandatanganan kesepakatan oleh empat operator di kantor Hutchinson tri, Jakarta, menyampaikan bahwa operator selular sepakat Maluku dan Maluku Utara menjadi cluster pertama dari 42 cluster yang telah disepakati untuk ditata terlebih dahulu.

Dalam perdebatan sebelumnya, wacana penataan frekuensi ini akan dimulai dari wilayah Indonesia paling timur yaitu Papua. XL Axiata bahkan berharap penataan bisa dimulai dari Bali.

Pemilihan Maluku sebagai cluster awal yang akan ditata menurut tim teknis masing-masing operator didasarkan atas pertimbangan bahwa di daerah tersebut jumlah base transceiver station (BTS)-nya paling sedikit dibandingkan dengan cluster lain.

Dengan jumlah BTS yang sedikit otomatis penataan akan lebih mudah. “Wilayah ini jadi semacam pemanasan bagi kami sebelum masuk ke wilayah yang lebih rumit konfigurasi networknya,” jelas Ivan C Permana, salah satu tim teknis dari Telkomsel.

Di wilayah Maluku ini selain jumlah BTS-nya yang sedikit, operator yang ada juga hanya tiga operator yaitu Telkomsel, XL Axiata dan Indosat. Sedangkan Hutchinson Tri tidak mempunyai pelanggan di wilayah tersebut.

Untuk wilayah Jawa sendiri penataan akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri dan Jakarta menjadi cluster terakhir yang dilakukan penataan. Selain menjadi yang terakhir, Jakarta juga bakal menjadi cluster paling rumit mengingat semua operator memiliki pelanggan yang banyak di cluster ini sehingga harus dibagi menjadi 3 cluster.

Untuk menghindari gangguan layanan pada musim mudik lebaran, aktifitas penataan ditiadakan mengingat pada saat itu trafik biasanya mengalami lonjakan yang signifikan di semua operator.

Artikel Terbaru