Beranda News Policy Penataan Frekuensi 1800Mhz Akan Dimulai 1 Mei 2015

Penataan Frekuensi 1800Mhz Akan Dimulai 1 Mei 2015

-

Urutan kanal setelah penataan
Urutan kanal setelah penataan

Jakarta, Selular.ID – Operator selular yang memiliki frekuensi 1800Mhz akhirnya hari ini (10/4/2015) menemukan kata sepakat terkait penataan frekuensi yang akan digunakan untuk gelaran broadband tersebut. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan yang dilakukan di kantor Hutchinson Tri Indonesia, Jakarta.

Penandatanganan kesepakatan yang dihadiri oleh empat operator yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat dan Hutchinson Tri disaksikan langsung oleh Rudiantara, Menkominfo RI. Seluruh operator menyepakati penataan frekuensi 1800 ini akan dimulai pada tanggal 1 Mei 2015.

Muhammad Budi Setiawan, Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, menyampaikan penataan akan dilakukan dengan metode step wise dan terdiri dari 42 cluster. “Semua operator sudah sepakat penataan dimulai tanggal 1 Mei 2015,” jelasnya.

Lebih lanjut Dirjen yang biasa disapa Iwan ini menyampaikan bahwa penataan ini diharapkan bisa selesai pada tanggal 23 November 2015 sebelum libur natal dimana trafik selular cukup tinggi pada musim tersebut.

Untuk memberikan kepastian hukum terkait penataan ini Kementrian Komunikasi dan Informatika sebelum implementasi penataan ini akan mengeluarkan peraturan menteri terlebih dahulu. “Sebelum 1 Mei kita keluarkan peraturan menterinya,” pungkasnya.

Artikel Terbaru