spot_img
BerandaNewsTelcoMenkominfo Siap Resmikan BTS 4G di Papua Barat

Menkominfo Siap Resmikan BTS 4G di Papua Barat

-

Jakarta, Selular.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate akan meresmikan Base Transceiver Station (BTS) 4G pada tiga Distrik di Manokwari, Provinsi Papua Barat. Acara peresmian itu merupakan rangkaian kunjungan kerja Menkominfo ke Provinsi Papua Barat dan Papua selama dua hari mulai Rabu (06/10)

Pada hari pertama, Menteri Johnny akan memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Akses Telekomunikasi yang berlangsung di Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat. Selanjutnya bersama Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Menkominfo akan meresmikan layanan sinyal BTS 4G di Desa Isiren Kecamatan Rumberpoon Kabupaten Teluk Wondama, Desa Siresi Kecamatan Soug Jaya Kabupaten Teluk Wondama, serta Desa Kasi Indah Kecamatan Kasi Kabupaten Tambrauw.

Tiga desa ini termasuk dalam Paket 3 pembangunan BTS 4G, di mana ada 1.795 desa dan kelurahan yang meliputi Area 6 Papua Barat sebanyak 824 BTS serta Area 7 Papua bagian Tengah Barat sebanyak 971 BTS.

Peresmian BTS 4G di Provinsi Papua Barat merupakan kelanjutan dari groundbreaking BTS 4G di Desa Kelanga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau pada 22 April 2021 lalu. Groundbreaking itu menjadi penanda dimulainya pembangunan 7.904 BTS 4G di wilayah 3T di seluruh Indonesia hingga tahun 2022.

Sebelumnya Kominfo pada 27 September mengungumkan Telkomsel dan XL Axiata sebagai pemenang pemilihan mitra kerja sama untuk layanan seluler 4G di 7.904 titik Base Transceiver Station (BTS) yang ada di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T).

Baca juga :  XL Axiata Terpilih Kelola Jaringan 4G USO di Sumatera

Adapun titik BTS tersebut terbagi dalam 9 area paket kerja sama, yaitu  Area 1: Sumatera, Area 2: Nusa Tenggara, Area 3: Kalimantan, Area 4: Sulawesi, Area: Maluku, Area 6: Papua Barat, Area 7: Papua Tengah Barat, Area 8: Papua Tengah Utara, dan  Area 9: Papua Timur Selatan.

Jhonny pun menilai dua operator yang ditetapkan sebagai pemenang itu berdasarkan evaluasi yang matang. “Hasil evaluasi tim kita berdasar pada jaringan yang dimiliki oleh mitra. Tentu kita tidak ingin mempersulit mitra, kita juga memperhatikan ketersediaan jaringan yang mereka miliki, ini soal keekonomian,” tuturnya.

Baca juga :  Kominfo Tutup Situs Pedulilindungi Palsu, Peserta Diminta Bayar Rp1 Juta untuk Pendaftaran Vaksin

Proyek pembangunan infrastruktur BTS 4G merupakan salah satu tugas besar Kementerian Kominfo dalam dua tahun mendatang. Total infrastruktur BTS 4G yang akan dibangun adalah sejumlah 7.904 BTS 4G akan menggenapi 9.113 desa/kelurahan yang masuk dalam kategori daerah 3T yang belum terjangkau sinyal 4G. Sejumlah 1.209 desa/kelurahan sebelumnya telah dibangun BTS dengan teknologi 2G yang sudah ditingkatkan menjadi teknologi 4G.

spot_img

Artikel Terbaru