Thursday, September 24, 2020
Home News Tren Digital Ubah Pola Bisnis Industri Asuransi

Tren Digital Ubah Pola Bisnis Industri Asuransi

-

image
Ambisi Axa menjadi pelopor digital di industri asuransi. (Foto: Bambang/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Indonesia memiliki pertumbuhan pengguna internet yang luar biasa pada beberapa tahun terakhir ini. Riset dari Global Web Index menyebutkan pengguna internet Indonesia mencapai 58 juta, yang mana 28% di antaranya mengakses melalui perangkat mobile. Fakta seperti inilah yang menjadi acuan industri untuk lebih ramah digital, tak terkecuali sektor asuransi. Hal ini diakui oleh Emmanuel Wehry, Chief Marketing Officer AXA Indonesia, saat jumpa pers di Jakarta (21/01/2015).

“Tren digital telah berhasil mengubah peran kami sebagai pemberi asuransi. Kami pun mengembangkan teknologi digital untuk menjawab kebutuhan nasabah, distributor, hingga karyawan internal kami,” ujarnya. Emmanuel menjelaskan, perusahaannya telah mulai melakukan transformasi digital sejak 2012 dengan sejumlah terobosan untuk meningkatkan kinerja dan layanan bisnisnya.

Kartono, Direktur Operasional AXA Mandiri menambahkan, transformasi digital ini bisa meningkatkan efisiensi, memberi kemudahan akses ke nasabah dan sejumlah mitra bisnis. “Digital sangat efisien menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dengan cepat. Sebagai contoh, aplikasi asuransi dari daerah yang jika dilakukan secara konvensional dengan kertas bisa memakan waktu hingga 2-3 hari, melalui digital ini cukup 2 jam. Begitupun dengan proses klaim yang lebih cepat karena termonitor langsung lewat sistem,” ungkap Kartono.

Dijelaskan lebih lanjut, pihaknya berambisi sebagai perusahaan asuransi pemimpin digital dan multi akses. Mereka menjalan kerjasama secara global dengan LinkedIn, Facebook, dan Google Ingress.

Latest