Beranda News E-Commerce Rakuten: Orang Indonesia Lebih Pilih Cari Hadiah di Mal Dibanding Online

Rakuten: Orang Indonesia Lebih Pilih Cari Hadiah di Mal Dibanding Online

-

Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan.
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan.

Jakarta, Selular.ID – Tak dipungkiri, salah satu tempat yang paling digemari orang Indonesia untuk rekreasi adalah pusat perbelanjaan, atau sebut saja mal. Tempat ini memang menjadi pilihan tepat bagi kaum urban yang sibuk dan mendambakan kepraktisan, apalagi yang sering terjebak macet di ibukota Jakarta. Rupanya, mal pun tetap menjadi idaman orang Indonesia saat tahun baru. Tujuannya adalah untuk berburu hadiah bagi kerabat dan orang tercinta.

Situs belanja online Rakuten melakukan survei untuk mengetahui karakteristik unik orang Indonesia saat momen tahun baru, terutama terkait tradisi memberi dan menerima hadiah. Survei yang berjudul “Rakuten Shopping Secrets” ini diselenggarakan secara online dan melibatkan 1000 responden (50% wanita, 50% pria) dengan umur 20-60 tahun.

Dalam studi yang dilaporkan hari ini (8/1/2015), disebutkan bahwa liburan menjadi hadiah tahun baru yang paling dinanti-nanti: sebanyak 49% menjawab liburan (termasuk jalan-jalan ke destinasi domestik/internasional dan bersantai di rumah), disusul dengan bentuk afeksi/kasih sayang seperti ciuman, pelukan, maupun lainnya (46%), baru kemudian fashion dan aksesoris (34%). Liburan juga merupakan hadiah tahun baru yang paling mungkin dihadiahkan ke diri sendiri, disusul oleh keanggotaan gym/golf (43%); dan perangkat pintar seperti smartphone, tablet, dll. (38%).

Selain itu, disebutkan bahwa orang Indonesia masih lebih memilih mencari hadiah di mal dibandingkan secara online. Rakuten tidak menyebutkan secara rinci persentasenya, namun ini menunjukkan bahwa walaupun sekarang sudah makin semarak, tetapi aktivitas belanja langsung (offline) masih jauh lebih tinggi dibanding belanja online (e-commerce).

“Sebenarnya temuan ini tidaklah mengherankan. Orang Indonesia suka dengan kepraktisan yang ditawarkan mal. Karena mereka bisa menemukan banyak hal untuk banyak orang dalam satu tempat saja,” kilah Franky Hoe, Manager of Marketing Department Rakuten Belanja Online. Meski demikian, dia tetap optimis konsumen yang berbelanja secara online akan semakin meningkat. “Kini aktivitas berburu hadiah bisa lebih praktis lagi dengan adanya Internet. Kita bisa melihat-lihat produk apa saja yang available, dan biasanya situs belanja online punya deals seru yang lebih hemat dibanding non-online,” cetusnya.
(Baca: Berburu Diskon Besar Belanja Smartphone di Online Store)

Memang, ini menjadi tantangan besar bagi para pemain e-commerce untuk terus menarik minat konsumen berbelanja online. Miliaran rupiah digelontorkan untuk iklan di berbagai medium baik itu elektronik (TV) maupun digital. Termasuk menyelenggaran ajang tahunan yang diselenggarakan bareng-bareng yaitu Hari Belanja Online Nasional yang jatuh tiap tanggal 12 Desember.

Artikel Terbaru