BerandaNewsKesulitan Uang, Pengembang Lokal Bisa Manfaatkan Crowdtivate

Kesulitan Uang, Pengembang Lokal Bisa Manfaatkan Crowdtivate

-

starhub-crowdtivateJakarta, Selular.ID – Pendanaan menjadi masalah klasik bagi orang yang punya keterampilan namun mengalami keterbatasan financial. Hal ini juga banyak dialami para pengembang aplikasi lokal yang ada di indoenesia.

Melalui Crowdtivate, sebuah platform crowd sourcing & crowd funding yang berskala internasional, para technopreneur ataupun penggiat aplikasi digital di Indonesia serta content creator bisa mendapatkan dana dari para investor, baik itu investor di dalam maupun di luar Indonesia.

Crowdtivate hadir di Indonesia hasil kerjasama Indosat dengan Starhub, Singapura. Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat mengatakan, “Indosat berkomitmen untuk mempromosikan berbagai karya inovasi Indonesia, serta menyediakan visibilitas bagi para enterpreneur start-up di Indonesia, baik itu pada tataran lokal maupun global. Kami senang dapat bermitra dengan StarHub yang sebelumnya telah meluncurkan platform serupa di Singapura”.

Dengan Crowdtivate para entrepreneur juga dapat mengumpulkan dana dari para donator sehingga mereka dapat segera mewujudkan idenya. Sementara itu, para pengguna juga dapat menemukan berbagai ide, inovasi baru, produk-produk menarik, serta dapat menerima berbagai reward ketika aktif berpartisipasi dalam mewujudkan proyek-proyek tersebut.

Untuk meningkatkan tingkat keberhasilan proyek-proyek ini, Crowdtivate juga memberikan bimbingan serta konsultasi kepada para entrepreneur start-up tentang bagaimana cara membuat kampanye yang efektif dan menarik serta dukungan penawaran dalam hal inkubasi bisnis serta penjangkauan regional. Proyek yang terpilih oleh Crowdtivate akan menerima berbagai bantuan tambahan, termasuk akses pengujian ke pengguna, dukungan pemasaran, start-up funding, free software development, pengembangan ide dan dukungan infrastruktur.

Dalam Crowdtivate ini ada tiga macam model kerjasama yang bisa dipilih para pengembang ataupun StartUp lokal, yaitu Crowd funding, dimana si kreator dapat mengumpulkan dana dari para pendukungnya dalam bentuk pertukaran produk dan jasa menggunakan sistem pendanaan ‘pay-as-you-go’.

Model kerjasama yang lain adalah Crowd sourcing, dimana para kreator dapat mengumpulkan bantuan dari para kontributor dalam bentuk keterampilan atau sumberdaya untuk membantu merealisasikan ide tersebut, pada Crowd sourcing  kreator dapat memberikan reward sebagai insentif kepada kontributor.

Yang terakhir adalah Crowd voting, dimana kreator akan mendapatkan validasi dari orang banyak tentang ide atau topik tertentu dengan menerima ‘up-vote’ atau umpanbalik. Tidak ada imbalan atau dana yang dipertukarkan melalui platform ini.

Artikel Terbaru