Wednesday, July 17, 2019
Home Persona Enda Nasution: Ambisi Bapak Blogger Kembangkan Jejaring Sosial Lokal

Enda Nasution: Ambisi Bapak Blogger Kembangkan Jejaring Sosial Lokal

-

Bapak Blogger Nasional, Enda Nasution (foto: choi/selular.id)
Bapak Blogger Nasional, Enda Nasution (foto: choi/selular.id)

Jakarta, Selular.ID – Enda Nasution dikenal aktif mengkampanyekan internet, dunia blog dan social media melalui media massa. Berkat kontribusi besarnya di dunia blogging, Enda kemudian dijuluki Bapak Blogger Nasional. Berangkat dari segudang pengalamannya terjun ke media online, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, tersebut lalu mengembangkan platform media sosial Indonesia, Sebangsa.com, sejak Oktober 2012.

Alasan awal membuat situs pertemanan Sebangsa.com didorong oleh keinginan menawarkan sesuatu yang berbeda untuk pengguna Tanah Air, terutama yang benar-benar berbau lokal. Pasalnya, selama ini pemakai internet lebih banyak disuguhkan oleh jejaring sosial buatan developer asing, sebut saja Facebook, Twitter, dan Path. Pantas saja Indonesia hanya unggul sebagai pemakai, bukan produsen teknologi.

“Indonesia memiliki pengguna social media yang sangat intensif dan besar di dunia, tapi di sisi lain tidak ada produk media sosial sendiri,” kata salah satu pendiri Sebangsa tersebut. Dengan latar belakang itu, muncul ide untuk membuat aplikasi lokal untuk masyarakat Indonesia namun dengan membawa fitur berbeda yang situs jejaring lain tidak punya.
(BacaButuh Waktu Dua Tahun Godok Platform Media Sosial Sebangsa)

Namun, kenyataan di lapangan saat merangkai platform media sosial tak semulus wacana. Lika-liku dalam membangun situs jejaring Sebangsa.com tak membuat Enda dan puluhan temannya yang bergabung di perusahaan startup Sebangsa Bersama, jera. Setelah dua tahun berjibaku dengan HTML5 dan tools/kit, tim sukses meluncurkan aplikasi Sebangsa.com dalam versi web, Android, dan iOS, tepatnya di akhir 2014. (bda)

Latest