Saturday, July 20, 2019
Home Apps Sebangsa, Jejaring Sosial Lokal untuk Layanan Publik

Sebangsa, Jejaring Sosial Lokal untuk Layanan Publik

-

sebangsa-headerJakarta, Selular.ID – Bakat developer lokal dalam meramu aplikasi jejaring sosial tak kalah seperti buatan pengembang yang sudah mendunia. Enda Nasution dan tim di bawah naungan PT Sebangsa Bersama sukses meluncurkan dan mengelola platform media sosial Sebangsa dengan citarasa lokal seutuhnya.

Begitu sarat dengan konten lokal, maka mulai dari bahasa hingga cara penggunaannya pun pasti sudah akrab dengan pengguna Indonesia. Lihat saja, bahasa di setiap menunya, simbol angklung saat loading, fiturĀ ‘japri (kata lain direct message), fiturĀ ‘sebut’ (berarti mention), dan lain sebagainya.

Enda Nasution saat memperlihatkan cara penggunaan Sebangsa.com (foto: Cho/Selular.ID)
Enda Nasution saat memperlihatkan cara penggunaan Sebangsa.com (foto: Cho/Selular.ID)

Berbeda dengan Facebook dan Twitter, aplikasi Sebangsa.com mempunyai fitur unggulan di mana fokus pada layanan publik. “Kita bukan sekadar situs jejaring untuk eksis, namun juga concern di fitur layanan publik,” ujar Enda Nasution, Co-CEO & Principal Founder saat Selular.ID mendatangi markas PT Sebangsa Bersama di Kebayoran Baru (21/1/2015).

Layanan publik yang dimaksud berupa fitur Sebangsa 911 dan Sebangsa 1800 yang bisa menjadi wadah saat membutuhkan atau ingin menyampaikan informasi secara cepat. Pesan juga bisa langsung ditautkan ke pihak bersangkutan seperti kantor polisi, rumah sakit, layanan operator, hingga beraneka brand produk.

Keunikan lainnya dari layanan sejenis adalah adanya fitur ‘Kirim jaga-jaga’ dan ‘Kirim Pesan Panik’. Keduanya punya fungsi sama namun makna berbeda. Di fitur Kirim Jaga-jaga, pengguna Sebangsa yang sedang berpergian, dapat mengirimkan kondisi real time dirinya ke anggota lain yang diinginkan. Sehingga pengguna lain yang diminta memantau, dapat melihat kondisi terakhir temannya sampai tujuan atau tidak. Sementara, fitur Kirim Pesan Panik lebih konkrit dalam bentuk voice note. Kita bisa mengirimkan pesan suara ke maksimal lima teman ketika berada dalam kondisi genting.

Antarmuka aplikasi Sebangsa
Antarmuka aplikasi Sebangsa

Selain melalui web browser, Sebangsa juga sudah menyediakan aplikasi mobile. Saat ini hanya untuk pengguna Android dan iOS saja yang bisa diunduh gratis di Google Play Store maupun App Store. Ke depannya, situs pertemanan ini bakal hadir di versi BlackBerry dan Windows Phone. Layanan ini masih terus dalam perbaikan untuk fitur yang lebih baik. Akhir tahun, Enda menjanjikan ada setidaknya empat sampai lima fitur baru yang akan disediakan guna meningkatkan user experience. (bda)

Latest