22 August 2013 09:30
Berada di daerah terpencil sering dihadapkan pada kualitas sinyal yang buruk. Jangankan untuk telepon, untuk kirim SMS saja sering gagal. Tapi tidak usah khawatir bila Anda memiliki hot spot bertenaga satelit bernama Text Anywhere. Alat besutan ROM Communications ini bakal memberikan cakupan virtual pesan teks tidak terbatas pada smartphone.

Text Anywhere pairing dengan perangkat kompatibel yang memiliki fitur WiFi termasuk komputer, smartphone, laptop, dan tablet. Namun, tidak seperti beberapa perangkat pasangan satelit lainnya, Text Anywhere bekerja melalui aplikasi Web daripada mengandalkan sebuah aplikasi OS-spesifik. Sama seperti inReach, alat portabel ini bekerja pada jaringan satelit Iridium, menyediakan cakupan global – dengan pengecualian beberapa negara dimana saat ini dinonaktifkan, seperti Kuba dan Korea Utara, dan di tempat-tempat tertutup seperti ngarai dan di bawah pohon rimbun.

Untuk menggunakan perangkat Text Anywhere, cukup pilih sebagai jaringan WiFi pada perangkat yang kompatibel, untuk ditampilkan pada sebuah portal web yang aman. Kemudian, pengguna dapat mengirim pesan teks sebatas 160 karakter ataupun teks email. Seperti DeLorme inReach, Text Anywhere merupakan perangkat dua arah, sehingga pengguna dapat juga menerima pesan teks dan email text-only, serta fungsi lainnya termasuk integrasi media sosial dan berbagi lokasi pada wilayah di luar jangkauan jaringan selular terestrial.

Text Anywhere memiliki ukuran 4 x 4 x 1.5 inchi (10 x 10 x 4 cm) dan berat 7 ons (200 g). Sebagai sokongan daya, dibutuhkan empat baterai AA. Perangkat ini juga dapat terhubung oleh stop kontak listrik kendaraan dengan disertakan adapter 12-volt.

Menariknya, alat ini tidak memerlukan kontrak langganan baik berupa paket tahunan atau multi-bulan. Text Anywhere menawarkan paket bulanan sebesar US$29.99, yang mencakup 100 pesan. Ada juga tarif biasa US$0.27 per pesan, ditambah biaya aktivasi satu kali sebesar US$35. Perangkat komunikator satelit itu sendiri memangkas biaya sebesar US$399. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.gizmag.com