Thursday, April 25, 2019
Home News Nokia Sebut 75% Aplikasi Android Kompetibel di Nokia X

Nokia Sebut 75% Aplikasi Android Kompetibel di Nokia X

-

selular20140226131156

27 February 2014 11:00
Gebrakan fenomenal Nokia di awal tahun 2014 ini ditunjukkan dengan merilis smartphone berbasis Android bertitel X, X+ dan XL. Ketiganya dibekali sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean namun minus layanan populer Google Play Store. Untuk menggaet para pengembang, Nokia pun sudah menyiapkan platform SDK Nokia X secepat mungkin di Nokia Developer.

Nokia telah memodifikasi seluruh user interface untuk meniru homescreen Fastlane kepunyaan platform Asha, di samping menciptakan toko aplikasi proprietary. Ada juga SDK terdedikasi dan porting tool, yang pada dasarnya akan menyulap semua aplikasi Android tidak kompatibel saat ini, menjadi kompatibel untuk platform. Pada halaman unduhan yang disediakan, produsen smartphone Lumia ini menjanjikan bahwa sekitar 75% dari aplikasi Android siap untuk dijalankan pada perangkat seri X tanpa modifikasi.

Sementara, sisa 25% lainnya yang tidak kompatibel membutuhkan retouch sedikit. Faktornya, karena ketergantungan mereka pada layanan Google seperti notifikasi push, peta dan sistem pembayaran pada pembelian aplikasi. Maka, pengembang harus melalui proses porting yang memakan waktu sekitar 8 jam.

Nokia telah menyediakan fasilitas pengujian aplikasi pada website SDK. Pengembang dapat meng-upload file apk mereka untuk mengetahui apakah aplikasinya bisa berjalan pada perangkat X sebelum diunggah ke Nokia Store.

Selain itu, Nokia juga menyiapkan dokumentasi lengkap, dan beberapa rincian menarik. Platform Nokia X dibangun pada Android Open Source Project v4.1.2. dan memiliki API yang telah dikustom terutama pada sistem pembayaran untuk pembelian aplikasi, HERE Maps, dan notifikasi Nokia. (Choi)

Sumber : http://developer.nokia.com/nokia-x/downloads

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest