Wednesday, July 17, 2019
Home News Autonomous Parking, Pengemudi Volvo Bisa Parkirkan Mobil Cukup via Smartphone

Autonomous Parking, Pengemudi Volvo Bisa Parkirkan Mobil Cukup via Smartphone

-

26 June 2013 13:00

Di masa depan, kita bakal disuguhkan pemandangan mobil yang bisa mencari ruang kosong untuk parkir sendiri, meski tanpa pengemudi. Volvo telah memperkenalkan teknologi baru bernama Autonomous Parking alias parkir otomatis. Teknologi ini memungkinkan pengemudi tak lagi pusing mencari lahan perkir. Tinggal turun dari mobil, selanjutnya mobil pintar tersebut akan jalan sendiri menuju tempat parkir (self-parking). Konsep perusahaan ini bakal dipasangkan pertama kali pada Volvo V40.

Tentunya, ada aplikasi mobile terintegrasi untuk mengaturnya lewat smartphone. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi yang kompetibel. Mobil Volvo telah dilengkapi berbagai sensor, sehingga bisa menerima perintah agar berjalan sendiri mencari ruang kosong hingga sampai terpakir.

selular18287321420130625162311

 

Jangan khawatir, teknologi ini akan menjaga agar tetap aman dari kejadian menabrak pejalan kaki, trotoar, atau bahkan mobil lain. Namun, layanan ini hanya bekerja dengan ruang parkir yang sudah dirancang agar kompatibel dengan teknologi Vehicle 2 Infrastructure.Melihat pernah terbayang self-driving, maka konsep parkir sendiri tentunya bukan sekedar bualan. Volvo juga mengatakan memiliki banyak proyek yang akan diperkenalkan tahun mendatang. Untuk self-parking sendiri, pemilik mobil tidak akan melihat teknologi ini dalam waktu dekat. Tahun depan, perusahaan mobil berkelas itu bakal merilis jajaran mobil tanpa awak sebagai awal teknologi canggih dalam berkendara

“Teknologi masih sedang dalam tahap pengembangan. Namun, kami akan mengambil langkah-langkah pertama menuju tujuan kepemimpinan kami dengan memperkenalkan fitur pertama kemudi otonom di All-new Volvo XC90, yang akan terungkap pada akhir 2014,” ujar Thomas Broberg selaku Volvo Senior Safety Advisor. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.gizmag.com

Latest